HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Subhanallah...Setelah Menunggu Satu Tahun Akhirnya Berlian Ini Terjual Rp285,7 Miliar

[caption id="attachment_5416" align="alignleft" width="290"]Berlian berharga fantastis berhasil terjual. foto: bbc Berlian berharga fantastis berhasil terjual. foto: bbc[/caption]

NEW YORK - Tak sia-sia upaya De Beers menunggu waktu matangnya sang berlian sebelum dilelang. Setelah satu tahun, sebuah berlian 100 karat tanpa cacat laku terjual US$22,1 atau sekitar Rp285,7 miliar di rumah lelang Sotheby's di New York, Amerika Serikat.

 

Batu berharga yang ditambang di Afrika Selatan tersebut dimenangkan oleh pembeli yang menyembunyikan jati dirinya lewat pelelangan yang berlangsung hanya dalam waktu tiga menit. Berlian tersebut memerlukan waktu satu tahun untuk dipotong dan digosok agar menjadi sempurna.

 

Hanya terdapat enam berlian sempurna dengan berat lebih 100 karat yang dilelang dalam 25 tahun terakhir, kata Sotheby's.

Sebelum pelelangan harganya diperkirakan antara US$19 juta dan US$25 juta.

 

Pimpinan bagian perhiasaan Sotheby's New York, Gary Schuler, menggambarkan berlian tersebut sebagai suatu "arti dari kesempurnaan".

 

"Warnanya lebih putih dari putih, sama sekali tidak ada ketidaksempurnaan di dalamnya dan sangat tembus pandang sehingga saya hanya bisa membandingkannya dengan kolam air beku," katanya sebelum lelang dibuka Rabu (22/4/2015) waktu setempat.

 

Berlian ini adalah bintang dari penjualan lebih 350 batu berharga yang diperkirakan akan mencapai nilai penjualan keseluruhan lebih dari US$50 juta.

 

Dua tahun lalu, berlian merah muda tanpa cacat yang dikenal dengan nama Pink Star mencatat harga tertinggi dunia untuk batu mulia ketika terjual senilai US$83 juta di Jenewa. 

sumber: bbc.co.uk

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *