HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

UGM Tawarkan Kerjasama Tekno Park pada Provinsi Kepri

[caption id="attachment_5325" align="alignleft" width="290"]Soerya Respationo dan Dwikorita Soerya Respationo dan Dwikorita[/caption]

BATAM - Provinsi Kepulauan Riau memiliki laut yang luas serta ribuan pulau kini akan menjadi sebuah sorotan khusus bagi Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

 

 

Gagasan dan keinginan tersebut tertuang di dalam Audiensi Rektor dan Para Dekan Universitas Gajah Mada (UGM) dengan Pemerintah Provinsi Kepri dalam persiapan kerjasama yang digelar di lantai V Gedung Graha Kepri, Batam Centre pada Jumat pagi (17/4/2015).

 

 

Daya tarik yang besar karena berdekatan dengan dua negara Singapura dan Malaysia menjadi sebuah keinginan UGM ingin mengembangkan daerah yang ada di Provinsi Kepri dan salah satu contohnya soal kemaritiman yang dimiliki.

 

 

Wakil Gubernur Kepri Soeryo Respationo mengatakan, UGM berniat untuk menjalin kerjasama yang dimulai dari sisi potensi Kepri seperti kemaritiman. Karena Kepri memiliki geografis dan budaya ciri khas tersendiri.

 

 

"Selain kerjasama kemaritiman, UGM juga berminat mengkaji soal tatanan peraturan yang perlu dibahas untuk dirubah sedikit agar mengarah pada suatu kebijakan lebih baik," kata Soerya yang juga alumni UGM.

 

 

Sementara itu Rektor UGM Prof. Dwikorita Karnawati menyebutkan Provinsi Kepri menjadi daya tarik tersendiri bagi pihaknya karena wilayah ini berbatasan langsung dengan negara tetangga serta memiliki pulau-pulau yang luas dikelilingi lautan.

 

 

"Kami ingin Kepri bisa memperkuat ekonominya, karena sebetulnya provinsi ini sangat berpotensi terutama pada kekuatan arus barang yang keluar dan masuk," jelas Dwikorita.

 

 

Masih kata rektor pengganti Pratikno ini, UGM juga punya misi untuk memperkuat dari sisi sumber daya manusia di Kepri. Pasalnya dengan keadaan yang dipengaruhi oleh tuntutan global yang semakin berkembang maka pihaknya ingin sekali mengkaji dalam bidang teknologi yang ada terutama di Batam.

 

 

"Sekarang UGM sedang memulai mengujicoba berupa tekno park yaitu suatu sistem inovasi yang sedang dikembangkan. Dan untuk Provinsi Kepri, Kota Batam salah satu yang sangat cocok untuk diteliti mengenai sistem tersebut. Dengan ini kita bisa mengembangkan budaya kewirausahaan bersifat sosial," terangnya lagi.

 

 

Turut hadir pada kesempatan itu Anggota DPRD Provinsi Asmin Patros, Seketaris Daerah Provinsi Kepri Robert Iwan Loriaux. Tak lupa Wagub Soerya juga memberi cinderamata kepada rektor UGM. (red/amok)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *