HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

18 Negara Rayakan Waisak di Candi Borobudur

[caption id="attachment_5895" align="alignleft" width="290"]Patung Budha di Candi Borobudur Magelang. foto: ist Patung Budha di Candi Borobudur Magelang. foto: ist[/caption]

MAGELANG - Ribuan umat Budha dunia akan menghadiri peringatan Tri Suci Waisak di Candi Borobudur, Selasa (2/6/2015). Rencananya Presiden Joko Widodo hadir di puncak peringatan. Jokowi akan bersama-sama dengan 20 ribu umat Buddha dari 18 negara merayakan Waisak 2559 BE/2015.

 

Saat ini ia tengah berada di Solo untuk membahas pernikahan putra sulungnya Gibran Rakabumi yang dilanjutkan membagikan Kartu Indonesia Sehat, dan langsung menuju Borobudur menjelang sore hari. Jokowi akan memberikan sambutan Waisak di depan umat Buddha dari berbagai negara seperti Tibet, Thailand, Hongkong dan China.

 

 

Sementara itu air suci dan api dharma telah disemayamkan di Candi Mendut, Magelang. Setelah disemayamkan, Selasa (2/6/2015) siang akan dibawa menuju Altar Utama di Candi Borobudur. Air suci dan api dharma itu ditempatkan dalam Candi Mendut atau di depan arca Budha

 

 

Prosesi pengambilan air suci telah dilakukan di Umbul Jumprit, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, pada hari Minggu (31/5/2015). Pada hari ini, api dharma diambil dari api abadi di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

 

Peringatan waisak sendiri akan dilangsungkan menjelang pergantian hari, malam ini sekitar 23.18 WIB. Sebelumnya umat Buddha melangsungkan ritual puja bakti menyambut detik-detik waisak. Seperti tradisi sebelumnya, pelepasan ribuan lampion akan menjadi momen yang ditunggu-tunggu tepat pada pergantian hari. (red/cnn)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *