HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Kemenag Batam: Hilal Sulit Terlihat Kasat Mata

[caption id="attachment_6013" align="alignleft" width="290"]Hilal atau bulan muda terlihat. foto: net Hilal atau bulan muda terlihat. foto: net[/caption]

BATAM - Awal Ramadhan 1436 H diprediksi akan jatuh pada Kamis (18/6/2015). Hal tersebut bila merujuk pada perhitungan hilal. Posisi hilal tidak akan tampak karena berada pada posisi minus 02 derajat, 17 menit. Dan berdasarkan perhitungan cahaya hilal pada tahun ini hanya sebesar 0,20 persen.

 

 

"Secara perhitungan tanggal 16 Juni itu tidak akan nampak hilal, karena masih di bawah ufuk. Selain itu juga karena diperkirakan cuaca, kita perkirakan awal puasa jatuh pada Kamis tanggal 18 Juni. Namun kita akan tunggu dulu hasil sidang isbat dan mudah-mudahan puasa kali ini bisa serentak," kata M. Ali, Ketua Tim Pelaksana Rukyat Kemenag Batam.

 

 

Kemenag Batam sendiri telah menunjuk tim rukyat yang beranggotakan 10 orang. Berdasarkan hasil rapat yang digelar pada tanggal 9 Juni, tim ini akan melihat hilal di Tanjung Pinggir, Sekupang pada tanggal 16 Juni mendatang.

 

 

M. Ali menjelaskan, hilal merupakan penampakan bulan sabit muda yang terlihat pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi) sesudah maghrib.  Alasan mengapa hilal hanya bisa nampak saat petang atau magrib adalah dikarenakan bentuk bulan sabit muda yang masih sangat tipis serta cahaya yang sangat redup.

 

 

Pemilihan daerah Tanjungpinggir selain jaraknya yang lebih dekat dari Kantor Kemenag Kota Batam, Sekupang juga lokasi cukup luas dan bebas dari penghalang penglihat seperti pepohonan. "Hal-hal itu jadi pertimbangan kami," ucapnya.

 

 

Disebutkan M. Ali, hilal diperkirakan akan terlihat pada pukul 18:07 WIB, saat matahari terbenam. Hasil peneropongan hilal ini nantinya akan dilaporkan ke Kanwil dan selanjutnya akan diteruskan ke Kementerian Agama. (red/wawan)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *