HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Duh, 28 Jamaah Haji asal Batam Belum Lunas ONH

[caption id="attachment_6274" align="alignleft" width="290"]Para jemaah haji berangkat ke tanah suci Mekkah. net Para jemaah haji berangkat ke tanah suci Mekkah. net[/caption]

Paling Telat 13 Juli 2015

 

BATAM - Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mencatat ada 10.980 jamaah haji Indonesia belum melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) atau ONH regular. Khusus emberkasi Batam, dari 405 jamaah tercatat sebanyak 28 orang belum lunas.

 

Tingginya jamaah yang belum melunasi ONH atau sekitar 7,13 persen, maka Kementerian Agama akan membuka pelunasan BPIH regular tahap ke dua mulai tanggal 7 - 13 Juli mendatang.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama, Zulkifli Aka, mengatakan berdasarkan peraturan Kementeri Agama pelunasan tahap ke dua ini diprioritaskan kepada tiga calon jamaah. Pertama, calon jamaah tahap pertama yang mengalami kegagalan sistem pada saat pelunasan.

 

Selanjutnya untuk jamaah lunas tunda yang sudah berstatus haji. Dan yang terakhir, jamaah yang nomor porsinya masuk alokasi tahun 1436H/2015M dan sudah berstatus haji.

 

Pada pelunasan tahap ke dua ini, jamaah penggabungan seperti lansia dengan pendamping, suami dengan isteri atau anak dengan orang tua terpisah juga melunasi pada tahap ini.

 

Tahun ini, usia termuda keberangkatan asal Kota Batam adalah umur 22 tahun, yaitu Putra Aprori. Sedangkan umur tertua, 77 tahun yaitu Sukeni Kartanom Karta, warga Baloi Center.

 

Tetapi ada dua orang calon haji berumur 84 tahun, yaitu Hasanudin warga Taman Sari dan Jupri warga Tiban Raya. Ke duanya masuk dalam daftar tunggu.

 

"Semoga saja, tahun ini mereka bisa berangkat," tutup Zulkifli berharap, Jumat (3/7/2015). (red/thr)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *