HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Masyarakat Kampung Becek Khawatir Terkena Debu Silika

 

 

[caption id="attachment_6282" align="alignleft" width="290"]Terlihat debu putih membumbung tinggi dari arah galangan PT Citra Shipyard. foto: kepriupdate/man Terlihat debu putih membumbung tinggi dari arah galangan PT Citra Shipyard. foto: kepriupdate/man[/caption]

BATAM - Masyarakat Kampung Becek Tanjunguncang mengeluhkan aktivitas sandblasting atau pembersihan karat yang dilakukan galangan kapal di dekat pemukiman mereka. Pasalnya, debu hasil pekerjaan itu sudah membuat warga ketakutan.

 

Pantauan di lapangan diketahui debu itu diduga berasal dari galangan kapal milik PT Citra Shipyard. Dari luar terlihat abu berwarna putih pekat mengandung silika berterbangan tak tentu arah.

 

Abu halus yang diduga mengandung kaca mematikan tersebut terus menyebar ke sekitar pemukiman warga hingga radius lebih luas lagi, menyusul hembusan angin bertiup cukup kencang pada saat itu.

 

Seperti diketahui debu silika dengan ukuran partikel yang sangat kecil bila masuk kedalam dan terperangkap di paru-paru bisa menyebabkan rusaknya jaringan tubuh.

 

Jaringan paru paru luka dari ukuran kecil menjadi bulat yang dikenal dengan nodule, semaikn lama nodule akan tumbuh semakin besar dan banyak yang mengakibatkan kita sulit bernafas.

 

Kondisi itu membuat warga ketakutan terkena dampak buruk debu silika tersebut. Warga mendesak agar perusahaan bertanggungjawab atas dampak buruk yang ditimbulkan.

 

Pihak perusahaan belum bersedia memberi klarifikasi terkait pemberitaan. Manager Operasional Sahat ketika dihubungi belum menjawab pesan singkat SMS dan telepon. (red/man)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *