EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Pemerintah Segera Buka Kran Komersialisasi 4G LTE

[caption id="attachment_6271" align="alignleft" width="290"]Ongky Kurniawan memaparkan kesiapan XL dalam layanan 4G LTE. foto: humas Ongky Kurniawan memaparkan kesiapan XL dalam layanan 4G LTE. foto: istimewa[/caption]

BATAM - Chief Service Management Officer XL, Ongki Kurniawan, mengatakan sudah mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh-jauh hari sehingga ketika nanti tanggal 6 Juli 2015 pemerintah secara resmi memperbolehkan komersialisasi layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz, XL sudah siap melayani pelanggan dan masyarakat.

 

"Bahkan, kami juga sudah selesai melakukan tender untuk pembangunan infrastruktur 4G LTE di berbagai daerah yang segera akan kami kebut,” terangnya.
Secara teknis, XL juga telah mendesain sedemikian rupa atas infrastruktur jaringan 4G LTE agar mampu memberikan kualitas layanan yang memuaskan. Selain itu, hampir semua jaringan XL juga telah melalui proses modernisasi sehingga siap untuk diaplikasikan untuk jaringan 4G. XL optimis, kesiapan teknis ini akan mampu menopang kebutuhan perluasan layanan 4G LTE ke depan.
Didukung dengan sumber daya spektrum 1800 MHz yang dimiliki XL dengan kapasitas besar, yang merupakan hasil konsolidari dari XL-AXIS, hal ini membuat XL memiliki keleluasaan memberikan layanan 4G dengan kecepatan sangat tinggi untuk kenyamanan pelanggan. Pada spektrum 1800 MHz ini, pelanggan XL dapat menikmati kecepatan hingga 100Mbps.
Ongki menyebutkan, hingga akhir tahun 2015 nanti, XL telah menyiapkan pengoperasian layanan 4G LTE di sejumlah daerah, baik di Jawa maupun pulau-pulau utama lainnya. Kota-kota yang sudah dipastikan akan segera mendapatkan layanan internet cepat secara komersil antara lain adalah Lombok, Surabaya, Bandung, Bali, dan Jakarta.

 

Sebelumnya, pelanggan di kota-kota tersebut sudah mendapatkan layanan 4G LTE secara terbatas uji coba di area tertentu (trial). Dan tidak ketinggalan beberapa kota yang saat ini telah menikmati 4G di jaringan 900 MHz akan tetap dapat menikmati layanan tersebut, yaitu Medan, Bogor dan Yogyakarta. XL juga sudah menyiapkan rencana perluasan area cakupan layanan 4G di lokasi-lokasi di mana XL pernah melakukan uji coba di jaringan 1800 MHz.
Sementara itu dari sisi aplikasi, XL juga telah melakukan sejumlah pengujian dan pengembangan sejumlah aplikasi inovatif berbasis layanan 4G LTE, termasuk diantaranya VoLTE (Voice over LTE), dan juga Rich Communication Suite over LTE (RCS). Aplikasi ini memiliki beragam fitur antara lain untuk menelpon, video call, chatting juga berbagi file dokumen dalam kapasitas besar.
Salah satu layanan inovatif yang sudah disiapkan oleh XL adalah program “XL 4G Roaming” di Malaysia, dan Srilanka. Program ini akan mulai berlaku pada bulan Juli 2015 ini. Dengan program ini pelangan XL bisa tetap memanfaatkan layanan 4G saat berada di kedua negara tersebut dengan tarif yang kompetitif. Di Malaysia XL bekerjasama dengan operator Celcom, dan Sri Lanka dengan Dialog dari Axiata Group. XL akan terus memperluas cakupan program ini ke berbagai negara lainnya, termasuk ke negara-negara tujuan utama masyarakat Indonesia.
Sementara itu, untuk ikut mendukung visi pemerintah menyiapkan masyarakat menuju era digital, XL juga telah menyiapkan berbagai program yang bertujuan meningkatkan potensi masyarakat dengan memanfaatkan layanan internet cepat. Program yang telah disiapkan antara lain XmartCity dan XmartVillage, serta mFish. Keberadaan layanan 4G akan sangat mendukung program-program ini. (redaksi)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *