HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Perbanyak Minum, Panas Terik Sampai Oktober

 

 

[caption id="attachment_6657" align="alignright" width="290"]Minum air bisa mencegah dehidrasi di tengah suhu panas seperti saat ini di Batam. foto: net Minum air bisa mencegah dehidrasi di tengah suhu panas seperti saat ini di Batam. foto: net[/caption]

BATAM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan cuaca panas  melanda Batam dan Kepri belakangan akan berlangsung hingga akhir September.

 

Rony, Prakirawan BMKG Hang Nadim, mengatakan panas menyengat tersebut akibat fenomena El Nino atau musim kering yang saat ini terjadi secara global. Puncak El Nino akan berlangsung hingga Oktober 2015.

 

Tidak mengherankan bila wilayah Batam dan Kepri  belakangan mengalami kondisi cukup terik.Bahkan suhunya bisa 34 derajat celcius pada pukul 11.00 pagi dan puncaknya sekitar pukul 16.00 WIB.

 

Diperparah lagi hembusan angin 5-33 km/jam, membuat suhu panas terik kian menyengat. Hal ini membuat awan tipis yang biasa menimbulkan uap air hujan lokal sulit terjadi di Batam.

 

Sebab gumpalan uap air yang ada langsung diterjang oleh kencangnya angin dari arah tenggara. Kalau pun ada hujan yang turun secara lokal, curahnya hanya tipis dan terjadi pada siang hari saja.

 

Otoritas BMKG Batam mengimbau agar warga memperbanyak mengkonsumsi air putih atau cairan sejenis, guna menghindarkan dehidrasi yang membuat drop tubuh. Waspada juga saat beraktivitas di laut karena gelombang di perairan Kepri cukup kuat. (red/man)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *