HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Asap Kian Pekat, Syahbandar PDS: Stop Jangan Berlayar!

 

 

[caption id="attachment_7123" align="alignleft" width="290"]Kabut asap pekat terlihat di pelabuhan domestik Sekupang (PDS) Batam. foto: alfie syahrie/kepriupdate Kabut asap pekat terlihat di pelabuhan domestik Sekupang (PDS) Batam. foto: alfie syahrie/kepriupdate[/caption]

BATAM - Kabut asap kiriman dari Sumatera dan Kalimantan semakin tebal. Terlihat dari penundaan keberangkatan pelabuhan di wilayah Kepulauan Riau. Seperti Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) beberapa tujuan antar negara dan provinsi ditunda keberangkatannya.

 

Syahbandar PDS, Komaruddin menegaskan bahwa ada penundaan keberangkatan ke negara tetangga dan antar provinsi. Cuaca yang tidak memungkinkan juga menjadi penyebab pelayaran ditunda.

 

"Karena cuaca kurang mendukung untuk berlayar, kita stop atau tunda kapal Batam tujuan Singapura dan Batam-Buton dan Batam antar provinsi lainnya, karena kabut asap kian tebal menyelimuti perairan Kepri terlebih hujan lebat," ujar Syahbandar PDS Komaruddin kepada kepriupdate.com, Sabtu (24/10/2015).

 

Kata Komaruddin, keberangkatan tersebut dilihat dari cuaca di laut sehingga memungkinkan berlayar. Pantauan kepriupdate.com di lapangan, kabut semakin tebal walaupun diguyur hujan lebat.

 

"Ada tiga kapal yang ditunda keberangkatanya Dumai Expres antar provinsi dan dua kapal Batam Fast dan Sindo Princess. Kita tunda dulu keberangkatan sehingga betul-betul mungkin cuaca bagus," katanya.

 

Komaruddin menjelaskan bahwa pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan Tanjungbatu bahwa jarak pandang masih aman untuk berlayar atau 1 mil lebih. Jadwal keberangkatan yang lain atau antar kota tidak ada penundaan.

 

"Kalau untuk antar pulau masih aman untuk berlayar tapi kita melakukan koordinasi di pelabuhan sana," jelasnya.

 

Selain itu, Syahbandar PDS juga mengkhawatirkan keselamatan para penumpang. Melihat semakin tebalnya kabut asap kiriman tersebut. (alfie syahrie)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *