HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Inilah Kelebihan Bulan Allah SWT

 

 

 

[caption id="attachment_7008" align="alignright" width="290"]Salat berjemaah memberi ganjaran lebih besar di sisi Allah SWT. foto: net Salat berjemaah memberi ganjaran lebih besar di sisi Allah SWT. foto: net[/caption]

KEPRIUPDATE.COM - Di antara kelebihan bulam Muharram terletak pada hari ‘Asyura’ atau hari kesepuluh pada bulan Muharram. Karena pada hari ‘Asyura’ itulah (seperti yang termaktub dalam I’anatut Thalibin) Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk pertama kali menciptakan dunia, dan pada hari yang sama pula Allah akan mengakhiri kehidupan di dunia (yakni Kiamat).

 

Pada hari ‘Asyura’ pula Allah menciptakan Lauh Mahfudh dan Qalam, menurunkan hujan untuk pertama kalinya, menurunkan rahmat di atas bumi. Dan pada hari ‘Asyura’ itu Allah mengangkat Nabi Isa ‘Alaihis Salam ke atas langit.

 

Dan pada hari ‘Asyura’ itulah Nabi Nuh ‘Alaihis Salam turun dari kapal setelah berlayar karena banjir bandang. Sesampainya di daratan Nabi Nuh ‘Alaihis Salam bertanya kepada pada umatnya “Masihkah ada bekal pelayaran yang tersisa untuk dimakan?” kemudian mereka menjawab, “Masih ya Nabi”.

 

Kemudian Nabi Nuh memerintahkan untuk mengaduk sisa-sisa makanan itu menjadi adonan bubur, dan disedekahkan ke semua orang. Karena itulah kita mengenal bubur Suro. Yaitu bubur yang dibikin untuk menghormati hari ‘Asyuro’ yang diterjemahkan dalam bahasa kita menjadi bubur untuk selametan.

 

Bubur Suro merupakan pengejawentahan rasa syukur manusia atas keselamatan yang selama ini diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Namun dibalik itu bubur Suro (jawa) selain simbol dari keselamatan juga pengabadian atas kemenangan Nabi Musa ‘Alaihis Salam dan hancurnya bala tentara Fir’aun.

 

Oleh karena itu, barang siapa berpuasa di hari ‘Asyura’ seperti berpuasa selama satu tahun penuh, karena puasa di hari ‘Asyura’ seperti puasanya para Nabi. Intinya hari ‘Asyura’ adalah hari istimewa.

 

"Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan adalah puasa pada Syahrullah (bulan Allah) Muharram. Sedangkan shalat malam merupakan shalat yang paling utama sesudah shalat fardlu." (HR. Muslim, no. 1982)
.

Menurut Imam Mulla Ali Al-Qaari dalam mensyarah hadits di atas berkata, bahwa secara zahir maksudnya adalah seluruh hari-hari pada bulan muharram ini. Tetapi telah disebutkan dalam hadits shahih bahwa Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam tidak pernah sama sekali berpuasa sebulan penuh kecuali di Ramadhan. Maka hadits ini dipahami, dianjurkan untuk memperbanyak puasa pada bulan Muharram bukan seluruhnya.” (Murqatul Mafatih Syarhu Misykatul Mashabih).
.

Namun sebagian Ulama’ seperti Syeikh Muhammad al-Mukhtar as-Syanqithi membolehkan untuk berpuasa sebulan penuh. (sebagaimana yang di nukil oleh Syeikh Jalal bin Ali Hamdan As-Sulami dalam makalah yang berjudul Dirasat Ushuliyyah Haditsiyyah li Shaum Asyura). Wallahu A’lam.

 

Dan masih banyak keistimewaan yang diberikan oleh Allah pada hari Asyura diantaranya adalah pelipatgandaan pahala bagi yang melaksanakan ibadah pada hari itu. Hari ini adalah hari kasih sayang, dianjurkan oleh semua muslim untuk melaksanakan kebaikan, menambah pundi-pundi pahala dengan bersilaturrahim, beribadah, dan banyak sedekah terutama bersedekah kepada anak yatim-piatu. Selamat merayakan tahun baru Hijriyah 1437 H, semoga kita menjadi lebih beriman dan bertaqwa. Amiin.(wawan/qurratunnasihin)

 

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *