HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Bantu Pelaku UKM, XL Kucurkan Rp 500 Miliar

 

[caption id="attachment_7481" align="alignleft" width="290"]Menkominfo Rudiantara meresmikan layanan Digibiz XL. foto : Istimewa / kepriupdate Menkominfo Rudiantara meresmikan layanan Digibiz XL. foto : Istimewa / kepriupdate[/caption]

JAKARTA - Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah diakui eksistensi dan kontribusinya sebagai penopang perekonomian negara. Oleh karena itu PT XL Axiata Tbk (XL) memutuskan untuk ikut aktif mendukung pengembangan kalangan UKM ini dengan menyiapkan layanan khusus, yaitu solusi bisnis DigiBiz.

 

Presiden Direktur XL, Dian Siswarini meresmikan layanan digital platform berbasis teknologi digital yang didedikasikan untuk kalangan UKM ini. Hadir juga dalam peresmian tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, Deputi Bidang PJU Kementerian Koperasi dan UKM, Emilia Suhaimi, dan Presiden Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Mustofa Romdloni.

 

Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan mengatakan, DigiBiz merupakan platform yang bersifat solusi digital guna mendukung para pelaku usaha UKM untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

 

"Dengan kompetensi kami di bidang teknologi informasi dan komunikasi, kami ingin berperan aktif mendorong kalangan UKM untuk bisa lebih memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan produktivitasnya," katanya.

 

Solusi dari XL ini sangat mudah diterapkan, bahkan hanya dengan ponsel saja sudah bisa dijalankan. Pihaknya berharap, hingga akhir tahun depan setidaknya 20 ribu UKM sudah memanfaatkan DigiBiz.

 

Ongki menambahkan, untuk 3 tahun ke depan, XL menanamkan investasi sebesar kurang lebih Rp 500 miliar untuk mengembangkan solusi bagi kalangan UKM ini. Dalam pengembangannya lebih lanjut, XL juga merangkul kalangan perbankan dan lembaga jasa keuangan, serta juga komunitas UKM di berbagai daerah untuk menyiapkan solusi digital finansial bagi UKM.

 

Menurutnya, kemudahan akses ke kalangan perbankan memang menjadi kebutuhan pelaku UKM. Sementara itu, dalam merangkul kalangan UKM, XL bekerjasama dengan komunitas Tangan di Atas (TDA). Komunitas ini beranggotakan tidak kurang dari 10 ribu pelaku UKM yang tersebar di berbagai daerah. (taher)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *