HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Disperindag Batam Dinilai Mandul

 

Harga Cabai dan Sayur Naik Drastis

 

BATAM – Harga cabai merah di pasar tradisional Tiban Centre, Sekupang naik drastis. Hal tersebut disebabkan perubahan cuaca extrem sehingga pasokan dari daerah berkurang. Namun meroketnya harga komoditi tersebut tak terlepas dari lemahnya andil Disperindag ESDM Batam yang abai mengawasi ulah para pedagang.

 

Harga cabai merah hanya 35 ribu rupiah perkilogram, kini menjadi 48 ribu rupiah perkilogram. Sedangkan harga cabai rawit dan cabai hijau masih stabil sekitar 25 ribu rupiah perkilogram. Selain itu, jika dibandingkan dengan tahun baru kemarin, harga tomat yang mencapai 18 ribu rupiah perkilonya, kini menjadi 14 ribu rupiah perkilogram.

 

“Saat ini harga cabai ada yang naik dan turun. Sekarang harga cabai merah 48 ribu yang sebelumnya hanya 35 ribu. Tapi kalau cabai rawit dan cabai hijau masih stabil,” ujar Fauzi Khairuddin, seorang pedagang di pasar Tiban Centre kepada kepriupdate.com, Selasa (26/1/2016).

 

Selain harga tomat yang turun, harga bawang juga mengalami hal yang sama. Harga bawang merah yang semula hanya 40 ribu rupiah, kini menjadi 30 ribu rupiah perkilogram. Harga bawang putih dan bawang bombai masih stabil. Harga bawang putih sekitar 25 ribu rupiah dan harga bawang bombai 16 ribu rupiah perkilogram.

 

Cuaca buruk yang melanda Kepulauan Riau, selain mempengaruhi naiknya harga cabai merah, juga mempengaruhi harga sayur mayur di Pasar Tradisional. Seperti harga bayam dan kacang panjang yang nai hingga 100 persen lebih.

 

Harga bayam yang semula 6 ribu rupiah, kini menjadi 16 ribu rupiah. Harga kacang panjang yang semula 8 ribu rupiah, kini menajdi 16 ribu rupiah perkilonya. Selain itu, harga kangkung yang semula 4 ribu rupiah, kini naik hingga 10 ribu rupiah perkilogram.

 

“Untuk sayuran ada kenaikan sampai 50 persen. Biasanya bayam 6 ribu, sekarang jadi 16 ribu. Kangkung biasanya 4 ribu, ini jadi 10 ribu. Kacang panjang juga biasa 8 ribu, kini 16 ribu rupiah,” kata Fauzi Khairuddin.

 

Sementara itu, beberapa sayur masih mengalami harga yang stabil. Seperti labu siam, terong, dan sawi masih sekitar 8 ribu rupiah. Harga kol sekitar 6 ribu rupiah, kentang 12 ribu rupiah, dan sawi putih masih sekitar 10 ribu rupiah. Diperkirakan harga sayur tersebut akan mengalami kenaikan harga yang lebih tinggi lagi. (alfie)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *