EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

XL Terbitkan Rights Issue

 

[caption id="attachment_8068" align="alignleft" width="290"]Presdir XL Dian Siswarini. foto: ist kepriupdate Presdir XL Dian Siswarini. foto: ist kepriupdate[/caption]

JAKARTA -  Guna memperkuat posisi keuangan perusahaan, PT XL Axiata (XL) berencana menerbitkan rights issue (saham baru).  Penggalangan dana ini memungkinkan semua pemegang saham XL untuk berpartisipasi dalam mendukung pertumbuhan perusahaan kedepan.

 

Untuk menunjukkan komitmennya yang terus menerus selaku pemegang saham utama dari XL, Axiata Group (66,4% saham). Setelah mengungkapkan rencananya untuk sepenuhnya mengambil haknya secara pro rata atas penerbitan saham baru tersebut.

 

Sisa saham yang tidak diambil oleh pemegang saham dalam penerbitan rights issue ini direncanakan akan dijamin sepenuhnya oleh pembeli siaga.

"Kami telah melihat kemajuan signifikan dan mendapatkan momentum atas agenda transformasi yang telah kami jalankan sejak 2015. Kami telah menjalankan berbagai inisiatif pengelolaan neraca keuangan untuk memperkuat posisi keuangan perusahaan dan mengurangi resiko dan dampak valuta asing," ujar Presiden Direktur dan CEO XL, Dian Siswarini.

Penerbitan rights issue merupakan langkah penting untuk memperkuat   fondasi XL dalam menyongsong agenda transformasi berikutnya.

"Dana dari rights issue akan kami gunakan untuk membayar kembali pinjaman USD 500 juta kepada pemegang saham,” jelasnya.

Penerbitan rights issue harus terlebih dahulu mendapat persetujuan pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dijadwalkan 10 Maret 2016, serta persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas pernyataan pendaftaran yang sebelumnya harus disampaikan oleh XL.

Proses ini diharapkan selesai pada semester pertama  2016. Harga saham akan ditentukan dan ditetapkan secara bersama oleh XL Axiata dan para pembeli siaga. 

 

Diskon harga saham diperkirakan tidak lebih dari 20% TERP pada tanggal penetapan harga. Ketentuan atas penerbitan saham baru (rights issue) termasuk harga saham yang terkait dengan penawaran dan jumlah saham yang ditawarkan akan diumumkan pada waktunya.

Credit Suisse dan Mandiri Sekuritas telah ditunjuk sebagai penasihat keuangan untuk proses penerbitan rights issue XL tersebut. (man)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *