HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Kapal Fery Wavemaster Tujuan Batam Nyaris Terbakar

 

BATAM - Suasana Kapal ferry wavemaster 6 dari Singapura menuju Batam keberangkatan hari Jumat (22/4/2016) pukul 21.35 sempat mengalami kecemasan. Kurang lebih 10 menit setelah kapal bertolak dari dermaga, alarm kebakaran berbunyi keras.

 

Kepulan asap dari bagian kiri tengah kapal membuat para penumpang panik. Beberapa saat kemudian lampu kapal padam dan kapal berhenti bergerak.

 

Keadaan tersebut hanya berlangsung selama kurang lebih 2 menit. Hal ini diakibatkan oleh hubungan arus pendek generator.

 

ABK kapal dengan sigap menangani penyebab kerusakan dan mengganti generator dengan generator cadangan yang berada di sebelah kiri tengah kapal. Keadaan kembali kondusif dan penumpang mulai tenang menempati tempat duduk seperti sedia kala.

 

Kepriupdate sempat menghadapi seorang wanita paruh baya berkebangsaan korea yang masih tetap panik dan menelepon kerabatnya walau kapal telah berjalan kembali. Hingga untuk menjelaskan keadaan yang terjadi kepriupdate membantu melalui telepon yang tersambung pada kerabat wanita itu dalam bahasa Inggris.

 

"Ibu saya terlalu panik. Dia hanya tahu bahwa ferry yang ditumpanginya terbakar," ujar kerabat si wanita yang hanya dapat berbahasa korea tersebut.

 

Sedangkan menurut salah satu ABK kapal, Amanda atau kerap dipanggil Manda, kejadian serupa ini baru saja terjadi pada kapal waterfront 1 tujuan Tanjungbalai Karimun - Singapura Jumat sore (22/4/2016). Kejadian terjadi ketika ferry hampir sampai di pelabuhan Singapura. Beruntung tidak ada korban dalam insiden tersebut.

 

"Safety yang kita punya bagus. Dan kami punya 2 generator. Jadi keadaan bisa dengan cepat dipulihkan.  ini bukan masalah mesin," ujar Manda.

 

"Yang penting jangan cepat panik. Kami sangat mengutamakan keselamatan penumpang," imbuhnya. (anggieta)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *