HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Yudi Kurnain : 5 Tahun Reklamasi, PAD Yang Diterima Cuma Rp 8 Miliar

 

BATAM - Ketua Komisi 2 DPRD Kota Batam Yudi Kurnain mengecam aktivitas reklamasi di Pantai Belian Batam Centre dan sejumlah tempat lainnya di kota ini. Pasalnya telah menyebabkan pendangkalan alur pelayaran internasional.

 

Menurut dia aktivitas reklamasi yang sudah berlangsung puluhan tahun ternyata tidak menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) secara signifikan.

 

"Selama 5 tahun berlangsung, reklamasi di Batam hanya menghasilkan Rp 8 miliar. Sementara kerusakan lingkungan yang parah tidak sebanding dengan itu semua," ujar Yudi kepada kepriupdate.com, Selasa (12/4/2016).

 

Padahal aktivitas reklamasi tersebut terjadi hampir di seluruh pesisir pantai, seperti di Batuampar, Sekupang, Nongsa, Sagulung dan Tanjunguncang untuk aktivitas galangan kapal.
 

 

Meski tidak dengan tegas mengatakan adanya dugaan korupsi dalam aktivitas reklamasi, namun komisi 2 DPRD Batam dalam waktu dekat akan melakukan audit terkait dana reklamasi.

 

"Audit ini sesuai tupoksi kami, dan rakyat berhak mengetahui pemasukan dan pengeluaran dana reklamasi. Sebab tidak tertutup kemungkinan kasus Teluk Jakarta juga terjadi di Batam, dimana pengusaha berkongkalikong dengan pemerintah dalam hal ini BP Batam dan Bapedalda Batam," pungkasnya. (alfie)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *