HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Perempuan Batam Perlu Perda PUG

 

 
BATAM - DPRD Kota Batam membahas rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) dalam pembangunan daerah. Rapat tersebut dihadiri oleh tenaga konsultan Deputi Kesetaraan Gender Yusuf Supiandi.

 

PUG di Batam dinilai sangat penting, sebab kesetaraan jenis kelamin perempuan dinilai masih belum seimbang. Selain itu masih terdapat kekerasan terhadap perempuan.

 

Manfaat adanya PUG untuk memperoleh akses yang sama kepada sumber daya pembangunan, berpartisipasi dalam proses pembangunan, memiliki kontrol yang sama serta memperoleh manfaat atas sumber daya pembangunan.

 

"Apalagi Batam merupakan kota yang strategis karena lalu lintas perjalanan ke negeri tetangga. Hal ini dianggap rentan terhadap trafficking sehingga Perda PUG dapat melindungi perempuan terhadap tindak kejahatan," ujar Yusuf Supiandi kepada kepriupdate.com.

 

Sementara itu Rekaveni Sekretaris Komisi II DPRD Batam mengatakan, Ranperda PUG merupakan strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui kebijakan dan program yang memperhatikan segala permasalahan perempuan dan laki-laki.

 

"Dengan PUG kita berharap kaum perempuan dapat mengevaluasi atas seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan sektor pembangunan," tegas Rekaveni kepada kepriupdate.com.

 

Raperda ini diatur dalam Inpres 9 tahun 2000, Permendagri 67 tahun 2011, Perpres 2 tahun 2015 dan undang-undang 23 tahun 2014. (alfie)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *