HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Heboh! Internet Media Centre Batam Lemot Saat Dijajal Menkominfo

 

 

Bangun Proyek Palapa Ring Barat

 

BATAM - Pemerintah pusat melalui Kemenkominfo bekerjasama dengan PT Palapa membangun proyek satelit palapa ring barat. Proyek tersebut untuk mewujudkan koneksi internet cepat, menghubungkan seluruh wilayah NKRI.

 

Saat ini pemerintah fokus dengan pulau inland yang memiliki penduduk. Dari 514 kabupaten atau kotamadya di Indonesia, 400 di antaranya sudah terhubung broadband atau jaringan internet.

 

Saat ini operator jaringan berkomitmen akan membangun di 57 kabupaten atau kotamadya lainnya sementara selebihnya masih terkendala dana.

 

"Dari permasalahan ini pemerintah pusat mengambil kebijakan pada tahun 2019 mendatang, seluruh wilayah di Indonesia harus terhubung dengan broadband," kata Rudiantara, Menkominfo, Rabu (15/6/2016) di Ruang Aula Lt 4 Pemko Batam.

 

Menurutnya Indonesia saat ini merupakan negara ke 4 dengan kecepatan internet tercepat di ASEAN. Namun, Kota Jakarta merupakan peringkat kedua setelah Singapura.

 

"Pembangunan proyek internet ini dinilai dapat membangun suatu daerah dan negara. Sebab melalui internet masyarakat di suatu daerah dapat berinteraksi dengan daerah lainnya," jelasnya.

 

Sementara itu kejadian tidak menyenangkan terjadi saat Walikota Batam Muhammad Rudi berusaha memberi contoh kepada sang menteri, akan fasilitas Media Centre di Gedung Pemko Batam.

 

Jaringan internet di ruang tersebut mendadak lemot alis lamban. Kontan saja membuat muka walikota memerah. (alfie)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *