HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Kemenag: 6 Wilayah Dapat Melihat Hilal 1 Ramadhan 1437 H

 

JAKARTA - Kementerian Agama bersama ormas Islam tanah air akhirnya memutuskan 1 Ramadhan 1437, Senin 6 Juni 2016 besok.

 

Menteri Agama Lukman Syaifuddin dalam sidang isbat Minggu petang tadi (5/6/2016), mengungkapkan dari sisi hisab posisi hilal (bulan) sekitar pukul 10.00 WIB berada antara 2 derajat 13 menit - 4 derajat 6 menit.

 

Sementara hasil rukyat dari 93 titik rukyat, Kemenag mendapat laporan dari 6 wilayah yang melihat hilal. Seperti di Belu NTT, Jombang, Bangkalan dan sebagainya.

 

"Untuk bisa melihat hilal di Indonesia harus menunggu wilayah barat, nah ini konsekuensi yang harus dihadapi umat Islam di tanah air," ujar Lukman.

 

"Mari kita jaga toleransi, saling menghargai dan menghormati. Mudah-mudahan kesucian Ramadhan dapat kita jaga. Bagi pengelola media cetak, elektronik, media online saya mohon agar menjaga konten dan kondusifitas selama bulan puasa ini," pungkas Lukman.

 

Sementara itu Ketua MUI Pusat KH Ma'ruf Amin menyatakan sangat bersyukur 1 Ramadhan 1437 H dan IsyaAllah 1 Syawal mendatang akan serentak dilaksanakan.

 

"Ini momentum bagi umat bersatu, bersatu melawan darurat nakorba, terorisme dan bersatu melawan darurat kekerasan seksual. Kebersamaan ini diharapkan menjadi berkah bagi kita semua umat Islam," pungkas KH Ma'ruf Amin. (man)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *