HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

MUI: Awal Ramadhan 1437 Hijriah Serentak

 

SURABAYA - Awal Ramadhan 1437 H di nusantara diperkirakan akan serentak dilaksanakan oleh dua ormas Islam terbesar, Nahdlatul Ulama (pemerintah) dan Muhammadiyah, yakni Senin 6 Juni 2016.

 

Hal tersebut diungkapkan Ketua MUI Pusat KH Ma'ruf Amin kepada wartawan di Surabaya. "Sudah bisa diperkirakan awal puasanya sama pada Senin 6 Juni," ujarnya, Jumat (3/6/2016).

 

Potensi tidak ada perbedaan satu Ramadhan di Indonesia tersebut menurutnya karena posisi hilal (bulan) sudah tinggi atau di atas dua derajat. Sehingga sangat besar kemungkinan pada saat Rukyatul Hilal mendatang sudah tampak.

 

Meski begitu pemerintah dan sejumlah Ormas Islam belum memiliki kesepakatan terkait penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha mendatang. "Melihat sekarang, posisi hilal sangat mendukung untuk sama karena sudah tampak dan sudah tinggi," ucap Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut.

 

Sementara itu, untuk sidang Isbat akan digelar pada Minggu (5/6/2016) mendatang, untuk menentukan awal Ramadhan dengan menggelar Rukyatul Hilal di beberapa titik se-Tanah Air.

 

Sementara itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah terlebih dahulu mengeluarkan maklumat No.01/MLM/I.0/E/2016 tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1437 H. Dalam maklumat yang ditandatangani Ketua Umum Haedar Nashir dan Sekretaris Umum Abdul Mu'ti tersebut, awal Ramadhan adalah 6 Juni 2016.

 

Untuk Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1437 Hijriah akan jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016, dan Idul Adha bertepatan pada Senin, 12 September 2016.(man)

 

sumber: antara

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *