HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Peluang Bisnis Data Centre Indonesia Kian Cerah

 

BATAM - Beberapa tahun terakhir industri data center Indonesia tumbuh sangat pesat. Seiring dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, kebutuhan akan data center berkualitas juga ikut bertambah.

 

Merespon hal ini, beberapa penyelenggara data center di Indonesia yaitu DCI, Elitery, GTN, Nexcenter, Telkomsigma, dan XL Axiata didukung oleh kelompok akademisi dari Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Universitas Indonesia, sepakat untuk meresmikan pendirian Asosiasi Penyelenggara Data Center Indonesia atau dikenal juga dengan nama Indonesia Data Center Provider Organization (IDPRO).

 

IDPRO dibentuk untuk menghimpun dan mengkoordinasikan seluruh potensi yang ada di industri data center di negara ini demi mendorong kemajuan dunia informasi dan teknologi di Indonesia. IDPRO juga sekaligus sebagai sarana untuk mendukung program-program pemerintah.

 

Ketua IDPRO, Prof.DR.Kalamullah Ramli mengatakan PP No. 82 Tahun 2012 telah memberi jalan bagi industri data center untuk tumbuh kian pesat. Meski begitu, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Ini merupakan salah satu alasan kenapa IDPRO dibentuk.

 

Melalui asosiasi ini, para pelaku bisnis Data Center di Indonesia bisa saling mendukung satu sama lain, juga mempermudah koordinasi, baik dengan pemerintah, investor, ataupun sesama pebisnis Data Center

 

Raffael Jeffry A. Sani, VP Digital Services XL menambahkan, sebagai salah satu founders dari IDPRO, pihaknya menyambut gembira berdirinya asosiasi ini. Sani percaya asosiasi ini dapat mempercepat pembangunan ekosistem bisnis data center yang berkelanjutan di negara ini.

 

"XL sendiri akan terus aktif berperan dalam asosiasi ini terutama dalam membangun ekosistem industri bisnis data center yang handal untuk daerah- daerah di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan nantinya," kata A. Sani.

 

Selain menjadi wadah untuk menyediakan layanan berkualitas, IDPRO diharapkan dapat mendukung terciptanya peluang bisnis pengelolaan Data Center, melalui penyediaan sarana dan layanan pendukungnya. IDPRO juga diharapkan untuk ikut andil dalam mengembangkan potensi industri ini ke depannya. (thr)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *