HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Ribuan Warga Cina Mulai Serbu Kepri

TANJUNGPINANG - Ratusan warga Cina yang mengaku sebagai turis mulai menyerbu Provinsi Kepri, Senin (19/12/2016). Tidak saja wanita, kebanyakan mereka yang datang para pria muda dengan perawakan tegap dan berambut cepak.



Dari catatan Otoritas Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang menyebutkan, 148 warga Cina itu masuk ke Indonesia menyusul dibukanya penerbangan langsung Tanjungpinang-Cina via pesawat Citilink.



Para warga Cina tersebut diketahui berasal dari beberapa kota besar seperti Fuzhou, Wuhan, Guiyang, Changsa dan Zhengzhou. Citilink menargetkan 7.000 warga Cina masuk ke Kepri hingga Maret 2017.



Eksodus warga Cina ke Kepri tersebut kontan saja menimbulkan kekhawatiran bagi warga Tanjungpinang, Batam dan daerah lainnya. Mereka takut warga Cina itu akan membawa ideologi komunisme (PKI) dan mengancam kedaulatan NKRI.



Menanggapi kekhawatiran masyarakat Kepri tersebut, Kadis Pariwisata Kepri, Buralimar menegaskan pihaknya akan mengawasi secara ketat warga Cina yang datang ke wilayah ini.



"Pengawasan orang asing kan ada dari Imigrasi, masalah keamanan ada Polisi dan instansi lain ada tupoksinya masing-masing. Kita akan awasi seketat-ketatnya. Mereka (Cina) ngaku wisatawan," kata Buralimar. (dri)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *