EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Umat Muslim Batam Dukung Perda Pengawasan Produk Halal dan Higienis

 

 

BATAM - Umat muslim Batam mendukung penuh rancangan peraturan daerah tentang pembinaan dan pengawasan produk halal dan higienis yang diajukan Fraksi Keadilan Bangsa.

 

Ranperda ini sebelumnya telah disetujui oleh pemerintah Kota Batam, sehingga dibentuklah panitia khusus (Pansus) pengawasan produk halal dan higienis.

 

Pansus ini nantinya akan melibatkan dinas kesehatan, majelis ulama Indonesia dan badan pengawasan obat dan makanan.

 

Aman, Ketua Pansus mengatakan, pembinaan dan pengawasan produk halal dan higienis ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dari mancanegara terutama asal Timur Tengah.

 

Pansus pembinaan dan pengawasan produk halal dan higienis juga akan memeriksa rumah makan dan hotel yang menyediakan makanan dan minuman. Seluruhnya diwajibkan membuat produk halal dan higienis.

 

"Sekarang umat Islam banyak yang terkecoh. Banyak warung dan restoran memajang label halal, tapi sebenarnya belum pernah diuji. Jadi kami dukung Pansus ini agar menjadi Perda yang mengikat bagi pengusaha," ujar Tarmizi, Selasa (2/5/2017).

 

Nantinya Pemko Batam, akan memberi sertifikasi kepada hotel dan restoran yang telah lolos produk halal dan higienis. Sehingga masyarakat terutama umat muslim lebih tenang dalam menyantap makanan yang disajikan.

 

"Bagi restoran dan hotel yang tidak membuat pembinaan dan pengawasan produk halal dan higienis akan dikenakan sanksi atau denda administratif," tegas Aman, Ketua Pansus. (alfie)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *