EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Kiat Mendidik Anak Menjadi Orang Sukses

 

 

KEPRIUPDATE.com - Setiap orang tua menginginkan anak-anaknya memiliki kepribadian yang baik. Bisa dalam bersikap atau pun dalam bertutur kata. Namun sebagian orang tua merasa didikan yang diberikan seolah sudah benar.

 

Sehingga ketika menemukan kesalahan pada seorang anak, orang tua terkadang memarahi anak-anaknya. Mereka merasa sudah benar dalam mendidik, akhirnya tanpa pikir panjang kesalahan anak pasti dinilai karena kesalahannya.

 

Berikut kiat sukses dalam mendidik anak-anak.

 

1. Perbuatan pendidik tidak sesuai dengan ucapan

 

Perbuatan orang tua terkadang tidak sesuai dengan apa yang diucapkannya. Karena anak akan belajar dari orang tua. Tindakan ini akan berpengaruh buruk terhadap mental dan perilaku anak. Jika setiap orang tua menginginkan anaknya untuk senantiasa memiliki peribadi yang jujur maka orang tua harus jujur dalam berkata atau pun berbuat.

 

2. Tidak mengawasi anak pada saat bermain handphone atau televisi.

 

Media massa memiliki pengaruh penting terhadap anak sehingga orang tua perlu senantiasa mengawasi anak. Anak belum mengetahui mana yang baik dan buruk sedangkan media massa tidak menyaring antara yang baik dan yang buruk.

 

3. Kurang sabar

 

Ini yang sering terjadi kepada orang tua. Ketika anak banyak bertanya jangan dimarahi, ketika anak senantiasa membuat isi rumah berantakan maka harap dimaafkan karena mereka anak-anak, namun dari sini kurang sabarnya orang tua terkadang langsung memarahi anak-anak karena dirasa lelah dengan tingkah laku mereka. Hal ini sebenarnya merupakan kesalahan fatal karena dapat mempengaruhi mental dan perilaku anak.

 

4. Mendidik anak menjadi tidak percaya diri

 

Ini sering sekali terjadi dilakukan oleh orang tua yaitu membandingkan anak sendiri dengan anak orang lain. Tugas orang tua seharusnya memotivasi bukan membandingkan kebaikan anak orang lain dengan anak sendiri karena ini merupakan kesalahan fatal yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri seorang anak.

 

 

 

Referensi: Kesalahan dalam mendidik anak muslim/ Sulistyowati Khairu/Dan Idea/islampos

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *