HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Ayam Potong Capai Rp70 Ribu, Pedagang Setop Julan


MAGELANG - Harga ayam potong di sejumlah daerah terus melambung tinggi. Bahkan menyentuh Rp70 ribu/kg. Akibat itu para pedagang daging ayam di Pasar Kebonpolo dan Pasar Rejowinangun Kota Magelang, Jawa Tengah, Ahad (22/7), tidak berjualan.



Kenaikan harga kebutuhan masyarakat tersebut tersebut sejak beberapa hari terakhir.





Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkot Magelang Sri Retno Murtiningsih di Magelang, Ahad, mengatakan, kelangkaan pakan ternak pada proses produksi di berbagai tempat mengakibatkan terjadinya kenaikan harga daging ayam di pasaran setempat.



"Persoalan ini sudah kami informasikan kepada Disperindag Provinsi Jateng di Semarang," katanya.






Sri Retno mengatakan, hampir semua daerah mengalami kenaikan harga daging ayam sejak bulan Ramadhan dengan puncaknya menjelang Lebaran yang lalu dengan harga tertinggi Rp 40 ribu per kilogram.



Setelah Lebaran, harganya sempat turun bertahap hingga antara Rp 34 ribu-Rp 35 ribu per kilogram.






Akan tetapi, sejak sekitar empat hari terakhir terjadi lagi kenaikan harga daging ayam. Termasuk, di sejumlah pasar di Kota Magelang dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu, yang mengakibatkan para pedagang tidak membuka penjualan.






"Harga belinya dari peternak makin tinggi, harganya sudah sampai Rp 25 ribu per kilogram ayam hidup, sehingga sekarang kami kesulitan untuk menjualnya kepada konsumen," kata Maesaroh, seorang pedagang daging ayam di Pasar Kebonpolo Kota Magelang.






sumber : republika.co.id 

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *