HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

BP Batam Cetak Rekor MURI Roti Jala Terpanjang



BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam meraih rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) pembuatan roti jala terpanjang 73 meter pada event Funtastic Ragam Indonesia di Lapangan Parkir BP Batam.

“Syukur Ahlhamdulillah, bukan rekor Muri-nya namun kami gembira betapa masyarakat Batam cukup antusias dalam even yang mengangkat makanan ciri khas Melayu agar bisa dikenal nusantara," kata Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, Sabtu (25/8/2018).

Proses pembuatan Roti Jala terpanjang ini dipandu oleh Chef Priscilya Princessa atau Chef Priscil. Ia memberikan komando kepada sekitar 146 mahasiswa Politeknik Batam Tourism Polytechnic (BTP) yang menjadi koki pembuatan roti jala.

Setiap dua orang koki menangani satu meter roti jala. Mereka mengikuti aba-aba dari Chef Priscil dan kemudian mulai menuangkan adonan Roti Jala. Butuh waktu sekitar 15 menit untuk persiapan dan 15 menit berikutnya untuk menyelesaikan proses pembuatannya.

Dalam prosesnya, roti jala terpanjang ini menggunakan lima sak tepung, satu sak tepung memiliki berat 25 kilogram. Kemudian 7300 butir telur, minyak goreng sebanyak 30 liter, kunyit sebanyak 25 kilogram, garam sebanyak 10 kilogram, kari ayam sebanyak 200 kilogram dan bahan-bahan pendukung lainnya.

Chef Priscil mengatakan tantangan terberat dalam membuat roti jala ini adalah bagaimana mengangkatnya dengan baik agar jangan sampai patah di tengah jalan.

"Roti jala yang telah matang bersamaan harus diangkat dari kompor menuju daun pisang. Proses pengangkatannya dilakukan dengan hati-hati karena jika ada bagian yang patah, maka akan gagal pecahkan rekor MURI," katanya. (man)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *