HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Gunung Rinjani Masih Ditutup Untuk Pendaki

 

LOMBOK - Jalur pendakian Gunung Rinjani Lombok NTB masih tertutup. Gempa beruntun yang melanda Pulau Lombok sejak Ahad (29/7) hingga kini, menjadi penyebabnya.

 

Akibat gempa, satu pendaki bernama Muhammad Ainul Taksim (26 tahun) asal Makassar, Sulawesi Selatan, meninggal dunia diduga tertimpa batu longsoran.

 

Titik kerusakan terparah pada gempa Ahad (29/7) memang berada di sekitar kawasan TNGR, mulai dari Kecamatan Sembalun dan Sambelia di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) serta Kecamatan Bayan di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Hal ini yang membuat Balai TNGR menutup jalur pendakian untuk sementara waktu.

 

Kepala Balai TNGR Sudiyono mengatakan, penutupan jalur pendakian dimanfaatkan tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian ESDM untuk melakukan survei kondisi di Gunung Rinjani pada Sabtu (4/8).

 

Tim survei kala itu tidak sampai ke Pelawangan mengingat kondisi tanah sudah retak dan cukup berisiko jika melanjutkan perjalanan. Dalam hasil survei sementara, ditemukan dugaan terjadi pemisahan antara lempengan tanah satu sama lain dalam jarak yang berdekatan.

 

"Ini diindikasikan dari petugas vulkanologi tersebut ketika berdiri, yang satu rasakan gempa cukup besar, yang satu katakan tidak terasa. Itu boleh dikatakan ada dugaan meskipun dekat ada pemisahan, posisinya di pos tiga plus sebelum Pelawangan," ujar Sudiyono, Rabu (22/8).

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *