HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Pertama di Kepri, Pemkab Bagikan Seragam Gratis Pelajar SD/SMP se-Bintan

 

BINTAN - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bintan akan membagikan seragam sekolah gratis. Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah kebahagiaan bagi generasi Bintan yang memiliki segudang cita-cita.

 

Kebijakan Pemkab Bintan tersebut sebagai wujud keberpihakan pemda kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang secara ekonomi kurang beruntung. Para penerima bantuan merupakan siswa-siswi yang duduk di bangku SD, SMP/ Sederajat.

 

Kebijakan seragam sekolah gratis di Kabupaten Bintan ini merupakan yang pertama di Provinsi Kepri. Dan hal tersebut terjadi selama kepemimpinan Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos.

 

"Ini yang disebut pemerintah telah hadir," ujar Slamet Riady (40) orang tua murid Suci Ramadani, siswa SMPN 1 Bintan Timur. Nyatanya biaya untuk belanja seragam putrinya bisa ia alihkan untuk kebutuhan lain.

 

"Lepas dari pilihan kepala daerah, sebagai warga sudah sewajarnya kita berterima kasih," lanjutnya.

 

Tahun ini alokasi anggaran sebesar Rp 5 milyar untuk pengadaan seragam sekolah gratis bagi siswa baru SD/SMP se derajat. Rencananya Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan akan menyerahkan bantuan yang terdiri dari 5 stel seragam sekolah, sepatu, tas, dasi, kaos kaki, hingga topi.

 

"Rencananya bulan Oktober ini, bantuan seragam dan perlengkapan sekolah akan kami serahkan pada pelajar, semoga bisa membantu masyarakat yang tidak mampu," ujar Kadisdik Bintan Tamsir, M.Pd, M.Si, belum lama ini.

 

Sebagai perbandingan dengan daerah lain di Indonesia yang telah menerapkan program seragam gratis pada pelajar SD/SMP, berikut datanya :

 

1. Pemkab Tulung Agung, Prov Jawa Timur dengan alokasi anggaran mencapai Rp 32 miliar.

 

2. Pemkab Bintan, Prov Kepri dengan alokasi anggaran mencapai Rp 5 miliar.

 

3. Pemkab Rejang Lebong, Prov Bengkulu dengan alokasi anggaran mencapai Rp 3,5 miliar.

 

4. Pemkot Mojokerto, Prov Jawa Timur dengan alokasi anggaran berkisar Rp 2,3 miliar.

 

5. Pemkab Kotawaringin Barat, Prov Kalteng dengan alokasi anggaran berkisar Rp 2 miliar.

 

6. Pemkab Muna Barat, Prov Sulteng dengan alokasi anggaran berkisar Rp 1,6 miliar. (**)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *