HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Isi Ramadhan dengan Amalan Ini

[caption id="attachment_6039" align="alignleft" width="290"]Suasana salat tarawih di belahan bumi Indonesia. foto: abiummi Suasana salat tarawih di belahan bumi Indonesia. foto: abiummi[/caption]

KEPRIUPDATRE.COM - Pemerintah telah menetapkan awal Ramadhan 1436H jatuh pada Kamis (18/6/2015). Kita bersyukur masih dipertemukan dengan bulan umat Muhammad tersebut. Allah SWT menjadikan bulan Ramadhan lebih baik dari pada bulan-bulan lainnya, salah satunya dengan menurunkan Al-Quran dan mewajibkan puasa bagi kaum muslimin sebagai salah satu pondasi Islam.

 

"Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa." HR. Ahmad dan an-Nasa'i.

 

Nah bagaimana kita mengisi bulan penuh berkah, rahmat dan pengampunan ini. Berikut adalah amalan-amalan yang dianjurkan:

 

1. Berpuasa. Sebagaimana termaktub di dalam firmanNya.
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa". (QS. Al-Baqarah:183)

 

2. Taddarrus Al-Quran
"Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS: Al-Baqarah:185)

 

3. Salat Tarawih
Menghidupkan malam-malam bulan Ramadhan dengan shalat Tarawih berjamaah sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

 

4. Menghidupkan malam-malam Lailatul Qadar
Caranya dengan memperbanyak shalat malam, membaca Al-Quran, zikir, berdoa, memperbanyak shalawat. Lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Terutama di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, terlebih lagi pada malam-malam ganjil, yaitu malam 21, 23,25,27, dan 29. Firman Allah: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan". (QS.al-Qadar :3)

5. Memperbanyak sedekah
Rasulullah  adalah orang yang paling pemurah, dan beliau  lebih pemurah lagi di bulan Ramadhan. Hal ini berdasarkan riwayat Ibnu Abbas , ia berkata: "Rasulullah adalah manusia yang paling pemurah, dan beliau lebih pemurah lagi di bulan saat Jibril menemui beliau." (HR. Al-Bukhari).

 

6. Melaksanakan ibadah umrah
Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan adalah melaksanakan ibadah umrah dan Rasulullah  menjelaskan bahwa nilai pahalanya sama dengan melaksanakan ibadah haji.

 

Demikianlah beberapa ibadah penting yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1436H untuk kita semua. Semoga kita termasuk di antara orang-orang yang mendapat taufik dan hidayah untuk mengamalkannya agar kita mendapatkan kebaikan dan keberkahan bulan Ramadhan. Salam redaksi kepriupdate.com. (wawan)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *