EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Menang MPR, Koalisi Prabowo Kuasai Parlemen

JAKARTA - Setelah perdebatan alot sepanjang hari kemarin, kesolidan Koalisi Merah Putih (KMP) di parlemen kembali membuahkan hasil setelah paket yang mereka usung terpilih sebagai Ketua MPR RI periode 2014-2019 menyusul menang dalam voting suara, Rabu (8/10/2014) dinihari.

Dari keseluruhan anggota sidang yang berjumlah 678 orang, 347 suara diantaranya memilih mantan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dari PAN. Sedangkan 330 lagi memilih Oesman Sapta Odang yang diusung koalisi Indonesia Hebat. Dan satu orang lainnya memilih abstain.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Fadel Muhammad mengatakan, sebagian besar suara DPD yang berasal dari partai politik memberikan suara ke Koalisi Merah Putih (KMP).

"Ternyata DPD banyak dari kader partai, seperti Golkar, Demokrat dan lainnya. Sehingga kami memberikan pandangan yang berujung terjadi perpecahan suara di anggota DPD itu sendiri," kata Fadel di Gedung DPR.

Selain itu, kata Fadel, suara PPP juga memberikan andil sumbang suara signifikan dalam pemilihan tersebut. Diperkirakan 60 suara DPD dan PPP turut memenangkan paket yang diusung KMP. (gustiawan/inh)