EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Tony Fernandes: Air Asia QZ8501 Baru Diperbaiki

[caption id="attachment_2991" align="alignright" width="275"]CEO AirAsia Tony Fernandez. foto net CEO AirAsia Tony Fernandez. foto net[/caption]

JAKARTA - CEO AirAsia Tony Fernandes mengabarkan melalui akun facebook dan twitter pribadinya menyebutkan bahwa pesawat QZ8501 dengan rute Surabaya-Singapura yang hilang kontak pagi tadi baru saja usai menjalani perawatan.

 

 

"Pesawat baru selesai dirawat pada 16 November 2014," tulis Tony.

 

 

Selain itu, pihak maskapai AirAsia menyebut ada 155 penumpang, 2 orang pilot dan 5 kru kabin yang berada di dalam pesawat tersebut. Sehingga ada 162 orang di pesawat itu. Jumlah ini berbeda dengan info yang beredar sebelumnya bahwa orang yang ada di pesawat itu total 155 orang.

 

 

Disebutkan bahwa terdapat 156 orang berkewarganegaraan Indonesia, lalu 3 WN Korea Selatan, 1 WN Prancis, 1 WN Malaysia, dan 1 WN Singapura. Penumpang dewasa berjenis kelamin laki-laki berjumlah 70, dan penumpang berjenis kelamin perempuan berjumlah 68 orang.

 

 

Informasi dari PT Angkasa Pura I, pesawat dipiloti Kapten Iriyanto dengan Kopilot Remi Emmanuel P dan awak kabin yakni Wanti Setiawati, Khairunnisa Haijar, Oscar Desano, Wismoyo Ari Prambudi dan sorang engineer Saiful Rahmat.

 

 

Tony menyebut Kapten Iriyanto telah mengantongi pengalaman total 6.100 jam terbang dan untuk kru-nya yaitu 2.275 jam terbang.

 

 

Pesawat itu tadinya menyampaikan rencana rute penerbangan dan meminta untuk mengubah rute karena cuaca yang buruk sebelum komunikasi dengan menara ATC hilang kontak.

 

 

Pesawat itu sendiri merupakan jenis Airbus A320-200 dengan nomor registrasi PK-AXC. Saat ini, pencarian dan operasi penyelamatan sedang dilakukan di bawah panduan dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. AirAsia sendiri mengaku terus bekerja sama dan mendampingi dengan cara yang memungkinkan.

 

 

sumber: twitter dan facebook tony fernandez