EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Tips Mendidik Anak Agar Taat Salat dan Puasa

 

KEPRIUPDATE.COM - Anak ibarat kertas putih yang bisa ditulis dengan tulisan apa saja. Peran orangtua sangatlah vital. Karena melalui orangtualah anak akan menjadi manusia yang baik atau tidak.

 

Rasulullah SAW, sebagai teladan paripurna telah memberikan tuntunan bagaimana mendidik dan mempersiapkan anak. Dan hal yang paling penting adalah keteladanan dalam melakukan hal-hal yang utama. Inilah yang harus dilakukan orangtua.

 

Bukan hanya memerintah dan menyalahkan, tapi yang lebih penting adalah memberikan contoh konkret. Secara simultan hal itu juga harus ditopang oleh lingkungan, pergaulan, dan masyarakat.

 

Harus diperhatikan dan sangat penting dalam kehidupan anak yaitu pendidikan aqidah, lalu pendidikan rukun iman, pendidikan ibadah, dan pendidikan akhlaq. Sangat penting diajarkan kepada anak bahwa sebaik-baik manusia adalah mereka yang mempunyai akhlaq yang mulia.

 

Salah satunya dicontohkan Maia Estianty. Selebritis mantan istri Ahmad Dhani tersebut mengaku kadang dirinya harus bertindak tegas saat meminta Al, El, dan Dul menjalankan kewajiban seorang muslim.

 

"Misalnya kalau mereka lagi di rumah terus masuk jam salat mereka belum salat, saya suka teriak-teriak," begitu cerita Maia di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (31/5/2015).

 

Sebagai orangtua, Maia ingin anak-anaknya dibekali ilmu agama sejak dini. Tujuannya kata dia, agar mereka punya pegangan hidup saat dewasa.

 

"Saya pengen anak yang soleh dan taat beragama. Biar mereka bisa mendoakan ibu dan bapaknya juga," harap mantan istri musisi Ahmad Dhani ini.

 

Sikap tegas Maia ini juga berlaku saat bulan Ramadan. "Alhamdulillah mereka ibadahnya luar biasa. Dul itu puasanya bagus, sakit tetap puasa," katanya. (wawan/sua)