EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Usai Lebaran Pertamina Jual Pertalite

[caption id="attachment_6142" align="alignleft" width="290"]Pertamina jual Pertalite. Pertamina jual Pertalite.[/caption]

JAKARTA - PT Pertamina akan menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis baru yaitu Pertalite usai Idul Fitri mendatang, menyusul perseroan telah mengantongi izin dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

 

"Sudah. Rilis pas nanti setelah Lebaran," ujar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Ahmad Bambang di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (24/6/2015).

 

Namun Bambang menyatakan, peluncuran Pertalite tidak akan dilakukan berdekatan dengan lebaran dengan pertimbangan banyaknya masyarakat yang masih mudik Lebaran ke kampung halaman. Pasalnya, BBM jenis ini akan dirilis di kota-kota besar terlebih dahulu.

 

"(Akan dirilis) Di Jakarta, Surabaya, Bandung. Nggak satu hari setelah Lebaran lah. Mana ada yang beli, kan Jakarta kosong?," kata dia.

 

Bambang mengungkapkan, selain dijual di SPBU milik Pertamina, Pertalite juga akan dijual di SPBU Pertamina yang dimilik oleh pihak swasta. "Nanti ada beberapa yang swasta," tandasnya.

 

Sebelumnya, Kementerian ESDM memastikan Pertalite telah lolos uji standar dan mutu dengan kadar oktan 90.

 

Uji standar dan mutu tersebut dilakukan tiga lembaga kredibel yaitu, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas).

 

"Jadi pertalite sudah diuji lembaga kredibel, hasilnya bagus dan masuk spesifikasi," kata Direktur Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja. (yul)

 

sumber: liputan6.com

 

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *