EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Begini Strategi BP Batam Hadapi Isu di Masyarakat

 

BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam menerima Kunjungan Kerja Rombongan Sekretariat Negara sekaligus menggelar Bimbingan Teknis Keterbukaan informasi publik (Goverment Public Relations) di Gedung IT center BP Batam, Rabu (1/8/2018).

 

Kegiatan ini dihadiri langsung Masrokhan,  Asisten Deputi Hubungan Lembaga Negara dan Daerah Kementerian Sekretariat Negara Selaku Wakil Ketua Pengurus Pusat Badan Koordinasi Humas Pemerintah menyampaikan arahan presiden Joko Widodo kepada seluruh Humas K/L/D/BUMN.

 

Ia menyampaikan enam poin arahan Presiden Joko Widodo kepada seluruh Humas atau Peserta Bimbingan Teknis Keterbukaan Informasi Publik yakni

 

1. Dunia telah berubah sedemikajn cepatnya seiring dengan perkembangan teknologi informasi, kita merubah cara bekerja dan berpikir dalam pengelolaan persepsi publik dan public triat

 

2. Pejabat harus hati hati dalam pemberian pernyataan kepada publik

 

3. Kita harus terus aktif memberitakan hal positif dan capaian yang dihasilkan

 

4 konten berita tidak perlu dibuat formal, dibuat tidak rumit menarik dan kekinian.

 

5. Aktifkan seluruh Pegawai Humas K/L masing masing sesuai pasukan medsos pemerintah untuk public trust dan

 

6. Bangun komunikasi yang positif dan penuh harapan kepada masyarakat sehingga timbul optimisme.

 

Sementara itu Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam, Bambang Purwanto menyampaikan, bahwa Humas BP Batam dalam upaya mempromosikan Batam, selalu menggandeng Media Lokal dan Nasional baik cetak maupun Media Online, untuk memberikan informasi positif terkait kondisi Batam agar para investor bisa mengenal dan tahu apa yang diberikan dan juga adanya wisata dikota batam.

 

Langkah kongkrit yang dilakukan Humas BP Batam untuk meningkatkan promosi wisata dan menarik investor untuk berinvestasi di kota Batam yakni dengan mengandeng pemerintah daerah, seperti Pemerintah Propinsi Kepri, Pemerintah Kota Batam, DPRD Batam, Apindo dan Kadin untuk bersama sama turut serta megajak para investor masuk berinvestasi di Kota Batam.

 

Selain itu, juga dilakukan seminar seminar dan juga pameran terkait kondisi dan situasi Batam yang nyaman untuk berinvestasi, juga memberikan informasi terkait kemudahan pelayanan perizinan Berinvestasi di Kota batam.

 

"Promosi di berbagai wilayah di indonesia seperti di Jakarta dan Bali, bahkan promisi bukan saja di tanah air melainkan juga sudah merambah ke dunia luar seperti negara Cina, Hongkong, Singapura dan juga Australia,"  tutur Bambang. 

 

Karena itu BP Batam juga menggelar berbagai iven iven yang dikemas dengan baik, dengan harapan bisa mendatangkan wisatawan ke Batam, baik itu wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. 

 

"Salah satu iven dari sekian banyak iven yang diselenggarakan oleh BP Batam, untuk menunjukkan bahwa Batam aman bagi investor yang sudah diselenggarakan dengan sukses yakni acara Batam Menari yang diikuti 21.000 penari dan mengukir rekor muri.

 

Menanggapi pertanyaan Salah seorang peserta yang menyebutkan strategi BP Batam Terkait menyelesaikan isu negatif yang kerap menerpa BP Batam, Bambang mengatakan, pihaknya tetap menghadapi secara terbuka.

 

"Kami akan mencari sumbernya dan dikelola melalui diskusi, dan apabila nantinya BP Batam yang salah maka akan dilakukan perbaikan secepatnya," bebernya. 

 

Menurutnya, isu yang kerap menerpa Intansi Plat Merah ini yakni terkait isu lahan yang banyak masalah. Namun lanjut Bambang pihaknya tidak pernah memgabaikan atau menghindar dari isu tersebut melainkan berupaya menyelesaikan dengan baik. (man)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *