EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Alhamdulillah.. Petugas SAR Gabungan Temukan Lokasi Black Box Lion Air JT610

Black Box atau kotak hitam merupakan alat perekam sebuah maskapai penerbangan komersil

KARAWANG - Kerja keras tim Basarnas gabungan dan Kapal Riset Baruna Jaya I BPPT akhirnya berhasil menemukan titik lokasi kotak hitam (black box) pesawat nahas Lion Air JT610.

Tim menemukan sinyal ping black box pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Sinyal menunjukkan berada di kedalaman hampir 30 meter di dasar laut.

Pernyataan tersebut disampaikan Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT, Hammam Riza, dalam keterangannya yang diterima detikcom, Rabu (31/10/2018). Sinyal black box terdeteksi oleh alat transponder USBL Kapal Baruna Jaya I BPPT sekitar pukul 12.25 WIB.

Riza mengatakan, keberadaan black box masih ditelusuri oleh para penyelam dari TNI AL maupun Basarnas. Jarak lokasi serpihan dan sinyal ping black box pesawat ke Tanjung Karawang kurang lebih 15 km.

"Saat ini penyelam terkendala kondisi dasar laut yang berlumpur dan visibility di dasar laut yang terbatas, dan arus di dasar yang kencang," paparnya.

Sementara itu, Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT M Ilyas mengatakan bahwa koordinat sinyal black box yang tertangkap transponder USBL BJ I, berada pada koordinat S 05 48 48 .051 - E 107 07 37 .622 dan pada koordinat S 05 48 46.545 - E 107 07 38.393.

"Sinyal menunjukkan berada pada kedalaman hampir 30 meter di dasar laut," ungkapnya dari atas Kapal Baruna Jaya I.

Hingga saat ini tim SAR gabungan terus berupaya melakukan pencarian kotak hitam atau black box dan bangkai pesawat Lion Air JT610, yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Selama misi ini KR Baruna Jaya turut membawa pakar atau ahli pemetaan bawah laut, ROV, instrumentasi, serta tim dari KNKT. Kapal Baruna Jaya I ini dalam melakukan pencarian black box telah dilengkapi teknologi untuk mengidentifikasi lokasi dan titik koordinatnya. Adapun empat alat tersebut antara lain Multibeam Echo Sounder, Side Scan Sonar, Magnetometer, dan Remotely Operated Vehicles (ROV).


sumber: detik.com

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *