EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Innalillahi... Korban Meninggal Tsunami Banten-Lampung Sudah 373 Jiwa



BANTEN - Korban tsunami Banten Lampung kembali ditemukan dan diprediksi akan bertambah. Dari catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis data terbaru korban tsunami di Selat Sunda.

Hingga Senin (24/12) per pukul 17.00 WIB, tercatat 373 orang meninggal dunia, 1459 luka-luka, 128 masih hilang, dan 5665 mengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, kerugian fisik akibat tsunami meliputi 681 unit rumah rusak, 69 unit hotel dan vila rusak, 420 unit perahu dan kapal rusak, 60 unit warung dan toko rusak, dan puluhan kendaraan rusak.

Dampak gelombang tsunami yang melanda pesisir pantai barat Banten yakni Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang, dan di pantai selatan Provinsi Lampung meliputi Kabupaten Lampung Selatan, Tanggamus, dan Pesawaran.

"Jumlah korban dan daerah yang terdampak paling parah kerusakannya adalah daerah pesisir di Kabupaten Pandenglang," kata Sutopo.

Sebab, Pandeglang merupakan kawasan wisata dengan fasilitas hotel dan vila yang banyak di sepanjang pantai.

"Apalagi saat kejadian tsunami saat libur panjang sehingga banyak wisatawan menginap di hotel dan penginapan. Tidak adanya peringatan dini tsunami juga menyebabkan jatuh korban yang cukup banyak karena masyarakat tidak memiliki kesempatan untuk evakuasi," tutur Sutopo.

Hingga saat ini Tim SAR gabungan terus melakukan penyisiran, evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban di sepanjang daerah terdampak tsunami.


sumber : rmol

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *