EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Sukseskan Germas, Pemkab Karimun Terapkan CFD



KARIMUN - Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun segera menerapkan kawasan bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD), yang merupakan program dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai instruksi dari pemrintah pusat.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, bahwa nantinya tidak hanya ada kawasan bebas kendaraan bermotor, namun nantinya juga akan ada taman yang asri.

“Hari ini kita baru melakukan rapat koordinasi lintas sektor. Germas ini merupakan implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) nomor 1 tahun 2017, yang meminta agr daerah mengambil langkah regulasi tentang bagaimana melaksanakan Germas ini. Sehingga telah ditindaklanjuti dengan instruksi Gubernur Kepri nomor 1 pada Juli 2017 lalu. Yang meminta kepada lintas sektor di seluruh daerah Kepri untuk menerapkannya,” jelas Rafiq usai menghadiri rapat lintas sektor terkait pelaksanaan Germas di Karimun, Rabu (30/1) di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati.

Dalam penerapannya nanti, Pemerintah Kabupaten Karimun akan meminta arahan-arahan kebijakan Pemprov Kepri, yang akan diselaraskan dengan kebijakan daerah. Sehingga nanti akan terakselerasi dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Pertama membudayakan masyarakat untuk mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kemudian masyarakat melakukan aktifitas olahraga secara rutin, bisa didorong dengan berbagai langkah dan kegiatan. Saat ini pun kita melihat berbagai komunitas mulai banyak menerapkan hidup sehat, dengan melakukan olahraga pagi. Yang tak kalah penting adalah regulasinya, mungkin akan dibuat suatu peraturan daerah atau Peraturan Bupati (Perbup),” jelasnya.

Setelahnya, nanti akan dilakukan sosialisasi melalui lintas sektoral kepada seluruh masyarakat. Agar dapat menciptakan Germas di Kabupaten Karimun.

“Kalau soal waktu penerapannya sebenarnya ini sudah diinstruksikan sejak 2017, tapi mulai di galakkan sekarang ini. Untuk langkah awal bisa dilakukan seperti mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan,” katanya.

Dilansir melalui karimunkab.go.id ,disebutkan bahwa bicara soal kesiapan, saat ini konsep regulasinya telah disiapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, dengan melibatkan dunia usaha, PKK, organsiasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh agama.

Kata dia, Kabupaten Karimun sudah memiliki fasilitas penunjang untuk penerapan Germas, seperti RTH, taman kota, rencana penerapan CFD pada hari dan jam tertentu.

(Geri N S)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *