EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

KARIMUN

DPRD Terima Petisi Pelaku Pariwisata Batam



BATAM - DPRD Kota Batam menerima petisi dari pelaku pariwisata di Kota Batam sebagai salah satu bentuk protes akan tingginya harga tiket pesawat dan juga pemberlakuan tarif bagasi.

Para pengunjukrasa diterima langsung oleh Ketua DPRD Batam Nuryanto. Nuryanto sangat menerima baik aspirasi yang disampaikan untuk diteruskan pada Gubernur Kepri.

"Aspirasi yang disampaikan memang bagus untuk memajukan pariwisata. Apalagi saat ini sedang gencar diserukan Spirit Pariwisata khususnya bagi Batam," kata Caknur

Dalam orasinya, para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjelaskan bahwa akibat kebijakan tersebut jumlah wisatawan yang datang turun drastis, sehingga menimbulkan kerugian terhadap para pedagang oleh-oleh.

Harapannya, pemerintah bisa mengambil sikap dan evaluasi kembali kebijakan tersebut. Sebab, tidak hanya akan memberikan dampak terhadap sektor pariwisata saja, tapi juga dikhawatirkan akan mematikan pelaku UMKM.

“Hari ini kita bukan menggelar demo. Kami menggelar pawai sebagai salah satu bentuk keprihatinan pariwisata kita. Dari Batam untuk Indonesia,” kata Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kepri, Irwandi Azhar.Senin (11/2/2019).

Sementara itu. Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Kepri, Andika Lim, mengatakan pawai pariwisata tersebut dilakukan bentuk keprihatinan dengan kebijakan bagasi berbayar dan tingginya tiket pesawat dalam negeri beberapa waktu terakhir. Dua hal ini menurut para pelaku usaha, telah berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk bepergian.

Lebih kurang dari 500 pelaku usaha pariwisata yang ikut dalam aksi tersebut yang tergabung dari berbagai asosiasi. Massa berjalan kaki dari dari Dataran Engku Putri Batam Centre menuju gedung DPRD Kota Batam untuk menyuarakan petisi yang nantinya akan diteruskan oleh wakil rakyat Batam kepada pemerintah pusat.

“Kita minta wakil rakyat kami bisa meneruskan kepada pemerintah pusat,” kata Andika.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *