EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Cegah Penyelewengan Dana Desa, Tim Binwas Turun ke Bintan



BINTAN - Tim BINWAS kunjungi Kabupaten Bintan guna menjalin kerjasama terkait Pencegahan dan Permasalahan dan Transfer dana Desa di Kabupaten Bintan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang Rapat Bapelitbang Kabupaten Bintan senin 22 Juli 2019.

Pengawasan, Pelaporan, dan Partisipasi Masyarakat dalam Penggunaan Dana Desa 2018, disebutkan di dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2018 yang di dalamnya memuat Mekanisme Pengawasan, Pembinaan, Pelaporan dan Partisipasi Masyarakat dalam Penggunaan Dana Desa. BAB V tentang Pembinaan dan Pengawasan, BAB VI tentang Pelaporan, dan BAB VII tentang Partisipasi Masyarakat adalah hal yang sangat penting dalam Permendesa No. 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2018.

Bupati Bintan Apri Sujadi pada kesempatan tersebut menyambut baik kedatangan Tim BINWAS yang dalam hal ini untuk menjalin kerjasama terkait Pencegahan dan Permasalahan dan Transfer dana Desa di Kabupaten Bintan. Kunjungan Tim BINWAS diharapkan dapat memberi pencerahan  khususnya kepala desa terkait mekanismen transfer dana desa,

"TIM BINWAS akan memberikan pengawasan,pembinaan dan penjelasan yang baik bagaimana menggunakan dana Desa dan apa-apa saja yang harus dijalankan untuk kepentingan di suatu Wilayah khususnya di Kabupaten Bintan"

Syahrul Rasaharul Syahrizal perwakilan Kemeterian Desa dari Tim BINWAS tersebut menyampaikan Bahwa dana Desa harus tepat digunakan dan tepat sasaran, apa yang akan di peruntukkan di setiap Desa-desanya. Stekholder juga harus tau apa saja program prioritas yang ada disetiap desa, agar peruntukannya sesaui dengan kbutuhan desa tersebut.

Keterlibatan Mabes Polri dalam Pengawasan tersebut ialalah untuk memberikan pendampingan agar bersama-sama mengerti akan nilai-nilai dana Desa yang harus di gunakan.

Setiap OPD juga harus mempunyai rencana aksi dalam menggunakan dan melihat prioritas yang akan digunakan.
Karena jika singkronisasi terjadi maka dapat membantu suatu Wilayah atau Daerah, bahkan Negara. @Mizi Sandiago..

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *