EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

13 Wartawan Online di Kepri Dinyatakan Kompeten



BATAM - Sebanyak 13 jurnalis media online di Kepri dinyatakan kompeten, usai mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta bekerjasama dengan Independennews Group di OS Style Hotel, Sagulung, 27-29 September 2019.

Pembina Pra UKW Saibansah Dardani dalam laporan penutupan mengatakan jumlah peserta UKW yang terdaftar sebelumnya 20 orang, namun 6 orang mengundurkan diri dengan berbagai alasan. “Setelah proses UKW selama 3 hari, jumlah peserta yang lulus berjumlah 13 orang. Berarti hingga kini alumni UKW UPN Veteran sudah ada 343 orang,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ahmad Taher, perwakilan peserta UKW mengucapkan terima kasih kepada Tim Penguji UPN Veteran. “Perjalanan yang sangat tegang selama 3 hari ini, luar biasa,” ujar Taher.

Sementara itu, Gusmanedy Sibagariang selaku Ketua Panitia mengaku bangga kepada peserta yang berhasil menyelesaikan 10 modul mata uji dengan hasil yang memuaskan. “Selamat buat peserta UKW yang dinyatakan kompeten, semoga kedepannya rekan-rekan menjadi wartawan handal dan profesional,” pinta Gusmanedy.

Hal senada juga disampaikan Susilastuti, Direktur Lembaga Penguji Wartawan Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Yogyakarta. “Kalian sekarang sudah bagian dari keluarga alumni UKW UPN Yogyakarta. Gunakan teori dan ilmu yang kalian dapat untuk menjalankan kerja jurnalistik,” pinta Susi.

Susi mengungkapkan dari 27 lembaga uji yang terdaftar di Dewan Pers, hanya 17 yang aktif melakukan kegiatan UKW termasuk UPN Veteran. Keistimewaan UKW UPN dibandingkan dengan lembaga lain adalah pengawasan secara kontiniu terhadap para alumni.

“Karya-karya jurnalistik para alumni akan terus kami pantau,” ucap Susi, seraya menutup pelaksanaan UKW UPN Veteran ke 14.

Turut hadir dalam acara penutupan ini para penguji di antaranya Agung Prabowo, Arif Wibawa, M. Fauzi serta perwakilan Pengusaha Pers Online Kepri, Ahmad Fahmi Rangkuti. (jos)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *