BATAM

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Tahniah, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam Resmi Dibuka


BATAM - Gelombang umat islam dari berbagai penjuru Kota Batam dan negara tetangga terus memadati Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah (Masjid Agung Batam II). Kehadiran mereka untuk mengikuti peresmian masjid terbesar ke 4 di Indonesia itu sekaligus Tabligh Akbar bersama Ustadz Abdul Somad, Jumat (20/9/2019).

Jamaah yang didominasi pakaian serba putih tersebut mulai berdatangan sejak ba'da sholat Subuh. Ada secara berkelompok maupun bersama dengan sanak keluarga masing-masing.

Acara peresmian masjid diawali dengan melantunkan ayat suci Al Qur’an, Tabligh Akbar bersama Ustadz Abdul Somad, Sholat Jumat perdana serta Sholat Istisqo (minta hujan).

Walikota Batam Muhammad Rudi selaku pemrakarsa Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah menyebutkan sangat terharu karena pembangunan masjid yang menjadi ikonik baru kota ini dapat berjalan dengan lancar.

"puji syukur kepada Allah subhanawataala atas segala nikmat dan karuniaNya sehingga pembangunan ini dapat berjalan tepat waktu. Di sini saya juga mau berterima kasih pada anggota DPRD Batam periode 2014-2019 khususnya Ketua DPRD Cak Nur. Bapak Sekda selalu kuasa pemegang anggaran serta kadis kadis yang berjasa dalam pembangunan masjid yang kita banggakan ini," ujar Rudi, penuh haru.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dapat berdiri megah di kawasan Tanjunguncang Batuaji tersebut, bermula dari rasa keprihatinan Rudi saat masih menjadi anggota DPRD Batam. Dimana saat itu ia melihat banyak pekerja galangan kapal saat Sholat Jumat usai langsung terburu-buru balik ke PT, usut punya usut waktu mereka singkat sementara masjid yang ada sangat jauh dari lokasi perusahaan.

Saat itulah ia memiliki tekad untuk membangun masjid bagi kemudahan para buruh di kawasan tersebut. Setelah menjabat sebagai Wakil Walikota Batam 2011-2016 ia langsung memantapkan niat mulianya tersebut hingga pada waktunya  setelah dilantik sebagai Walikota Batam 2016-2021, Rudi resmi mewujudkan pembangunannya. Kala itu bulan April 2017, Almarhum KH Arifin Ilham meletakkan batu pertama pembangunan masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Dan setelah 2 tahun lebih, masjid yang dicita-citakan oleh Walikota Batam M Rudi tersebut resmi dibuka untuk umat islam dengan menghadirkan da'i kondang Ustadz Abdul Somad. Tahniah, semoga rahmat Allah subhanawataala tercurah bagi seluruh warga Batam terkhusus bagi Walikota Batam beserta jajaran, Ketua DPRD Batam dan para anggota dewan. (thr) 

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *