KEPRI

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Gol Cantik Moh Salah Loloskan Liverpool ke Fase 16 Besar Liga Champions


AUSTRIA - The Red Liverpool memastikan diri lolos babak 16 besar Liga Champions usai mengalahkan Salzburg 2-0 di laga terakhir grup E, Rabu (11/12/2019) dini hari WIB.

Bertandang ke markas wakil Austria di Stadion Red Bull Arena, The Reds turun dengan susunan tim terbaiknya. Sementara kubu tuan rumah mengandalkan ujung tombak muda nan tajam, Erling Braut Haaland.

Dengan kemenangan ini, Liverpool memastikan diri lolos 16 grup E sebagai pemuncak dengan raihan 13 poin. Satu slot terakhir lolos babak selanjutnya diisi oleh Napoli dengan 12 poin usai mengalahkan Genk.

Sementara Salzburg gagal melanjutkan tren positifnya di ajang Liga Champions dan harus terhenti. Mereka berada di urutan ketiga grup E dengan raihan 7 poin.


Bertandang ke markas klub asal Austria, Liverpool butuh kemenangan untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Begitu juga dengan tuan rumah juga butuh kemenangan demi menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

Sama-sama butuh kemenangan, permainan terbuka langsung tersaji. Tuan rumah langsung menggebrak di awal babak pertama. Sebuah kemelut di menit ke-7 nyaris berbuah gol bagi Salzburg.

Berawal dari pergerakan cepat Hee-Chan Hwang lalu menyodorkan bola ke arah Takumi Minamio, namun penyelesaian akhir pemain asal Jepang itu berhasil diblok kiper Alisson Becker. Gawang Liverpool masih aman.

Pelan tapi pasti, kubu Liverpool mulai menguasai jalannya pertandingan. Bola lebih banyak dipegang anak-anak The Reds.

Mane!, bergerak membawa bola dari sisi kiri pertahanan Salzburg, pemain nomor punggung 10 itu melepaskan tembakan keras kaki kanan melengkung di menit 23. Sayang, tembakannya masih bisa diblok kiper Cican Stankovic. Bola kemudian jatuh di kaki Naby Keita, namun bola justru melambung.

Masuk menit 27, kali ini giliran Salah yang mendapatkan peluang emas usai menerima sodoran manis dari Jordan Henderson. Namun sayang, tembakan pemain asal Mesir ini tak seperti biasanya, bola justru melenceng di sisi kiri gawang Salzburg.

Berkali-kali menyerang, gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga di menit 57. Berawal dari pergerakan cepat Sadio Mane di sisi kiri pertahanan Salzburg. Pemain nomor punggung 10 itu berhasil mengecoh dan melewati satu pemain lawan.

Kiper Salzburg langsung keluar mencoba menghalangi pergerakan Mane, dengan cerdik ia langsung melepas umpan chip melewati kiper Stankovic, bola mengarah ke jantung pertahanan Salzburg dan langsung disambut dengan tandukan Naby Keita. Bola meluncur ke gawang yang sudah lowong tanpa bisa diadang oleh para pemain belakang Salzburg. 0-1 Liverpool memimpin.

Tertinggal satu gol, anak-anak Salzburg langsung keluar mencoba membalas. Namun hanyak berselang satu menit selepas gol pertama, Liverpool kembali unggul.

Sukses merebut bola, Jordan Henderson langsung melepas umpan jauh ke arah Mohamed Salah. Bola jatuh dan ditanduk pemain belakang Salzburg, namun arah bola yang tanggung dengan cepat langsung diserobot Salah di sisi kiri pertahanan lawan. Dengan cerdik, pemain asal Mesir itu melepas tembakan dari sudut sempit melewati kiper dan pemain belakang Salzbur, Liverpool makin menjauh 0-2.

Selepas gol keduanya, anak-anak Liverpool tampak lebih rileks memainkan bola. Cukup banyak peluang emas dibuat baik oleh Mohamed Salah maupun pemain lainnya. Sayang, penyelesaian akhir yang buruk membuat gol urung terwujud.

Tertinggal dua gol cepat, membuat permainan Salzburg bagaikan kehilangan bensin. Mereka hanya sesekali mendapatkan bola dan mencoba menyerang dengan cepat. Namun sayang, belum sempat mengancam gawang lawan, bola sudah terlebih dahulu bisa dipatahkan barisan pertahanan Liverpool.

Hingga laga usai, skor 0-2 tak berubah. Liverpool pun lolos babak 16 Liga Champions sebagai pemuncak grup E.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *