BATAM

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Durian Asal Banten Ini Cita Rasanya Go Internasional, Berpotensi Juara Kontes


BANTEN - Sejumlah daerah di Indonesia saat ini tengah musim buah durian, tak terkecuali di Provinsi Banten. Buah berduri asal Tanah Ulama dan Jawara tersebut tergolong istimewa.

Meskipun ditanam di tanah Banten, namun rasa dan kualitas durian yang merupakan buah asli Asia Tenggara ini, sudah berkualitas internasional. Demikian disampaikan Gubernur Banten Wahidin Halim saat mengunjungi kebun durian Sahara di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Selasa (21/1).

"Harus disyukuri tanah Banten ini sangat cocok dan potensial untuk budidaya durian, rasa dan kualitasnya bahkan lebih enak dari durian-durian impor," ujar Wahidin.

Wahidin mencontohkan, terdapat salah satu varian durian asal Malaysia yang ditanam kembali di Banten yang memiliki warna duri hitam dengan rasa yang lebih enak dibandingkan dari tempat asalnya. Dalam kesempatan tersebut, dia turut mengajak para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bersama-sama menikmati durian tersebut.

"Durian jenis duri hitam yang berasal dari Malaysia yang ditanam di tanah Banten, sehingga rasa dari durian jadi lebih enak, karena nya durian duri hitam yang sudah di tanam kembali di Banten dengan kualitas sebagus itu harganya cukup tinggi," jelasnya.

Menurut penelitian, katanya, di Banten terdapat daerah-daerah yang memang kondisi tanahnya sangat cocok untuk budidaya durian. Diantaranya Kecamatan Gunungsari, Kecamatan Ciomas, Kecamatan Mancak, dan Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Pihaknya juga mengapresiasi budidaya durian di kebun durian Sahara karena pemiliknya juga asli orang Banten.

Sebagai bentuk apresiasi, Wahidin akan menjadikan durian-durian hasil budidaya kebun durian Sahara sebagai peserta di festival makanan yang digelar di Living World, Alam Sutera.

"Kebun durian Sahara yang memiliki luas sekitar 20 hektar ini ditanam berbagai jenis durian baik lokal maupun dari negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand," pungkasnya.


sumber : Rmol.id

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *