KEPRI

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Pemko Batam Segera Revitalisasi Masjid Agung Batam Center


BATAM - Pemerintah Kota Batam segera merevitalisasi Masjid Agung Batam Centre. Pemugaran akan menambah daya tampung jamaah di masjid yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Masjid Raya Batam.

“Tahun ini Masjid Agung kita pugar. Akan dibuka sisi kiri dan kanan, kita perluas sehingga kapasitas bisa sampai 5.000 jemaah,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dalam kegiatan safari maghrib dan isya di Batam Kota, beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam, Suhar mengatakan saat ini proses lelang sedang berlangsung. Sementara lelang perencanaan dan manajemen konstruksi sudah dilaksanakan tahun lalu.

“Lelang pengerjaan fisiknya sedang berlangsung. Perkiraan kami, pertengahan Maret kontrak, awal April sudah mulai pengerjaannya. Semoga lancar proses lelangnya,” kata Suhar di Batam Centre, Senin (10/2).

Pemugaran masjid yang berlokasi di pusat pemerintahan di Batam Centre ini diperkirakan akan membutuhkan biaya hingga Rp172 miliar. Pekerjaannya direncanakan dengan pola tahun jamak hingga 2022 mendatang.

Adapun renovasi yang akan dilakukan meliputi perbaikan bangunan lama, penambahan parkir bawah tanah atau basement, pembangunan plasa masjid, pembuatan koridor baru, serta penambahan bangunan untuk keseimbangan sisi utara dan selatan.

“Bangunan utama tidak diubah total. Hanya ada beberapa perbaikan dan penambahan. Kubah yang sekarang berbentuk limas akan dibuat menjadi bulat,” ujarnya.

Tempat parkir basement dibuat dengan harapan dapat mengurangi jumlah kendaraan yang parkir di tepi jalan sekeliling masjid. Area parkir masjid nanti didesain dapat menampung sekitar 178 kendaraan roda empat dan 108 kendaraan roda dua.

“Nanti kita juga akan pasang pagar keliling. Jadi hanya ada dua pintu masuk,” kata dia.

Menara masjid juga rencananya akan ditambah menjadi lima, sesuai jumlah rukun islam. Saat ini masjid yang sebelumnya dikenal dengan nama Masjid Raya Batam tersebut hanya memiliki satu menara.

“Satu di antaranya akan dibangun setinggi 100 meter, lengkap dengan lift. Bisa difungsikan sebagai menara pandang juga nantinya,” sebut Suhar.(mc)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *