KEPRI

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Punya Segudang Fitur Canggih, Bagaimana Potensi Suzuki XL7 Diterima Pasar Batam


BATAM - Suzuki Indomobil Batam resmi meluncurkan produk terbaru mereka SUV XL7. Dari sisi platform mobil tersebut mirip Ertiga, lantas apa saja pembeda dari kedua produk unggulan pabrikan otomotif berlogo S tersebut dan seperti apa peluang XL7 diterima pasar Batam?

Achmad Wibowo, Asisten Manajer Dealer Network and Development PT SIS menjelaskan secara mendasar perbedaan signifikan ada pada ground clearance dan part (suku cadang).

“Secara platform XL7 diadobsi dari Ertiga tapi berbeda sebanyak 211 item part. Memiliki ground clearance XL7 200 mm terkecil dibanding SUV kompetitor, ini kita lakukan agar mobil tidak mudah limbung,“ kata Achmad Wibowo.

Selain itu XL7 memiliki fitur canggih e-mirroring membuat SUV ini cukup aman dan nyaman. Pasalnya fitur tersebut bisa merekam kejadian di area depan dan belakang baik ketika berjalan maupun diam.

“Kesimpulannya semua fitur yang ada di Ertiga dimiliki XL7 ditambah banyak fitur lainnya membuat pengalaman berkendara keluarga yang suka berpetualang akan lebih menyenangkan,” jelasnya.




Rudy Wijaya menambahkan bahwa Ertiga merupakan mobil keluarga dan segmentasinya itu adalah MPV (multi purpose vehicle), mobilnya nyaman dikendarai dan irit BBM. Sedangkan XL7 itu mengarah ke SUV.

“Kalau SUV itu secara global memiliki tiga kriteria, dua kriteria tidak bisa dinilai dengan angka. Nah dua hal itu yakni desain yang tangguh, bentuknya mungkin tampak taff bahasanya biasa seperti itu, tergantung orang menilainya. Yang kedua mobilnya bisa dibawa di dua medan, jalan beraspal maupun bebatuan. Dan yang ketiga yang bisa kita ukur itu ground clearance, biasanya untuk SUV itu minimal 200mm,” ungkap Rudy.

Jika ketiga kriteria tersebut sudah ada maka mobil tersebut bisa disebut sebagai SUV. Memang di dunia otomotif SUV itu banyak, ada yang 4x4, ada low, medium, high. Dan itu semua punya tolok ukur masing-masing.

“Jadi Ertiga dan XL7 berbeda, mulai dari komponen part yang beda 211 item, dari kaki-kaki saja berbeda, XL7 diset lebih rigid untuk medan agak berat sedang Ertiga lebih soft. Bukan itu saja design tangkinya pun beda,” urai Rudy.

Rudy menambahkan XL7 berbeda dengan kompetitor dari segi kenyamanannya. “Kita ketahui selama ini SUV tidak nyaman atau agak limbung jika dikendarai karena ground clearance-nya yang tinggi. “Itu mengapa XL7 mengusung tagline The New Extraordinary SUV, sebuah SUV yang memberikan pengalaman berkendara luar biasa,” katanya.

Maka tidak heran meski belum melakukan tes drive dan hanya melihat iklan yang ada di media sosial lanjut Rudy, tercatat sudah ada 12 unit  XL7 yang telah dipesan warga Batam. “Padahal baru hari ini loh launching produknya. Kita optimis XL7 akan diterima pasar Batam terlebih dari segi harga kita jauh lebih murah dari kompetitor sejenis,” pungkasnya.

Optimis di Tengah Ancaman Corona


Mr Aleng Lim


Sementara itu Direktur Indomobil Batam Aleng Lim mengatakan meski situasi ekonomi dunia terguncang akibat wabah virus corona di Wuhan, pihaknya tetap optimis produk XL7 akan banyak diminati masyarakat.

“Kita wajib bersyukur virus corona tidak ada di Batam dan kita berharap virus yang berpusat di Wuhan bisa segera diatasi. Mau gimana lagi ini namanya force major, waktunya diluncurkan saat situasi ekonomi seperti sekarang ya kita tetap luncurkan, nanti kalau kita diam justru bisa diam semua ekonomi kita,” kata Aleng.

Aleng menambahkan untuk penjualan  Januari - Februari 2020 sedikit mengalami penurunan, tapi hal tersebut bagi Indomobil Batam Group tidak signifikan. “Masih oke, masih terus ada penjualan. Saya tidak tahu kedepan seperti apa tapi kami optimis akan lebih baik,” pungkas Aleng.

BACA JUGA : Fitur Canggih XL7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *