EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Alhamdulillah, 1 Ramadhan 2020 Tepat di Hari Jumat


JAKARTA - Ada yang istimewa Ramadhan tahun 2020. Selain di musim wabah covid-19 juga bertepatan di hari Jumat yang merupakan penghulu hari.

Pada hari tersebut Nabi Adam diciptakan oleh Allah subhanawataala. Beliau diturunkan ke bumi hingga diwafatkan. Dan hari Jumat juga kelak dunia akan dikiamatkan, wallahu a’lam bissawab.

Hasil pemaparan awal tim observasi Kementerian Agama dari 82 titik yang tersebar di 34 provinsi Indonesia menunjukkan bahwa posisi awal hilal awal Ramadan 1441 Hijriah sudah terlihat.

"Ternyata sudah memenuhi kriteria. Tinggi minimal sudah melebihi 2 derajat. Elevasi juga sudah [memenuhi kriteria]. Maka hilal Ramadan di awal Kamis ini sudah memenuhi di wilayah Indonesia," kata Cecep Nurwendaya dari Planetarium Jakarta sekaligus anggota Lembaga Falakiyyah Kemenag, Kamis (24/4).

Cecep mengatakan rukyat digelar dari Aceh hingga Papua. Ia merinci titik terbanyak pemantauan hilal berada di Jawa Timur untuk menentukan 1 Ramadan 1441 H.

"Hilal di Indonesia sudah berumur. Berapa lama? 8 jam 23 menit. Jadi hilal ada usianya. Jadi sudah cukup. Lalu ketinggian hilal ada yang 3.7 derajat. Di Indonesia di atas 2 derajat sudah ada yang melaporkan," kata Cecep.

Salah satu hasil rukyat yang dipaparkan berasal dari Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Dari titik tersebut, tinggi hilal sudah 3.27 derajat dengan usia 8 jam 23 menit.

Diketahui, hilal adalah bulan sabit kecil yang terlihat tepat setelah matahari terbenam. Jika sang bulan sabit sudah terlihat, meski pun tipis, maka sudah dipastikan penanggalan baru akan terjadi setelahnya

Kriteria untuk menentukan bulan baru dalam kalender Islam ialah tinggi hilal minimal 2 derajat, elongasi bulan ke matahari minimal 3 derajat atau umur hilal minimal 8 jam.

Tak hanya itu, hilal juga sudah terlihat di Sukabumi, Jawa Barat. Hilal sudah terpantau di wilayah tersebut sudah setinggi 3,72 derajat dan jarak busur 4,17 dengan umur hilal 8 jam 25 menit.

Setelah pemaparan awal ini rencananya sidang isbat akan dimulai. Menteri Agama Fachrul Razi sendiri yang akan memimpin sidang isbat tersebut.

Apabila sidang memutuskan hilal sudah terlihat, maka 1 Ramadan akan jatuh pada esok hari. Namun jika belum tampak, bisa dipastikan 1 Ramadan akan jatuh pada Sabtu, 26 April 2020.

sumber : cnn Indonesia

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *