EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Mantap! Enam Bulan ke Depan, Kota Batam Sudah Punya Jalur Sepeda



BATAM - Pembangunan infrastruktur di Batam terus digesa. Sejumlah jalan kembali dilebarkan, bahkan akan ada jalur khusus pesepeda yang ditarget selesai dalam kurun enam bulan ke depan.

Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, mengatakan untuk jalur pesepeda akan dibangun dari Bundaran Madani hingga Jembatan Bengkong Sadai. Jalan yang berada di Pasir Putih itu selain jalur pesepeda juga dibangun lima lajur, trotoar, dan drainase.



"Targetnya enam bulan ke depan sudah selesai. Dan jalan ini akan jadi contoh saat pembangunan jalan lain karena punya jalur sepeda nantinya," ujar Rudi usai meninjau langsung lokasi, Senin (7/12/2020).

Untuk jalan yang dikerjakan PT Multi Sindo Internasional itu, anggarannya mencapai Rp23.590.632.000 dengan waktu pelaksanaan 180 hari kalender. Adapun sumber dana berasal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negera (APBN) 2020.



"Untuk jalur sepeda, kita bangun sepanjang jalan dengan lebar 2 meter," ujarnya.

Kemudian, kata Rudi, jalan utama dibangun lima lajur, ruang terbuka hijau 1,5 meter, pedestrian 2 meter di masing-masing jalur, serta median jalan 3 meter. Rudi berharap, dengan penataan jalan tersebut pembangunan Batam makin cepat dan masyarakat makin nyaman berkendara.

"Yang terpenting estetika Kota Batam makin memesona. Dan bisa menunjang Batam sebagai kota pariwisata," kata Rudi.



Selain jalan itu, Rudi juga mengatakan pihaknya juga menggesa pembangunan Jalan Yos Sudarso, Batuampar. Jalan tersebut rencana akan dibangun lima lajur di setiap jalurnya. Pembangunan jalan di kawasan tersebut, kata dia, sebagai pelancar akses keluar masuk kendaraan menuju dan dari Pelabuhan Batuampar.

"Untuk saat ini kita tambah satu lajur dulu, tapi sudah sekalian disiapkan untuk dibangun lima lajur," ujarnya.



Rudi mengaku pembangunan infrastruktur jalan di kawasan tersebut sebagai pendukung menjadikan Pelabuhan Batuampar sebagai Pelabuhan Internasional khusus bongkar muat peti kemas. "Untuk jalan Yos Sudarso juga kita target enam bulan ke depan sudah selesai," kata Rudi.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *