KEPRI

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Hikmah Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW Tingkat Kota Batam, Mari Dirikan Shalat



BATAM - Pemerintah Kota (Pemko) Batam memperingati Isra Mikraj dipusatkan di halaman Masjid Agung Batam, Rabu (10/3/2021) malam. Dalam kegiatan tersebut, Pemko Batam mendatangkan KH Misbahul Munir Kholil, atau Kiai Misbah.


Peringatan tersebut dihadiri langsung Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, dan tamu undangan.


Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, dalam sambutannya, berharap dengan adanya peringatan Isra Mikraj tersebut dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dan awal perintah mendirikan salat.


"Biar Kiai yang menyampaikan tentang itu (Isra Mikraj) nantinya. Mudah-mudahan, dengan adanya kegiatan ini, bisa memberikan kemaslahatan untuk masyarakat Batam," ujar Amsakar.


Ia pun menyampaikan, selain fokus pada pembangunan infrastruktur, pihaknya bersama Wali Kota Batam, tidak melupakan kebutuhan spiritual masyarakat Batam. Ia menegaskan, antara duniawi dan ukhrawi tetap seimbang sebagai inplementasi Batam Dunia Madani.


"Kegiatan keagamaan, selau disambut dihadiri dengan suka cita masyarakat Batam. Doakan juga, semoga Batam di bawah pimpinan Rudi-Amsakar dikucurkan rahmat," kata Amsakar seraya meminta Kiai Misbah mendoakan.


Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Isra Mikraj tingkat Kota Batam, Jefridin Hamid, melaporkan selama kegiatan berlangsung semua jemaah yang hadir menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan pihak panitia menyediakan tempat mencuci tangan.


"Untuk menghindari kerumunan, panitia menyiarkan langsung peringatan Isra Mikraj disiarkan langsung melalui saluran YouTube Dinas Kominfo Batam," kata Jefridin yang juga sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam tersebut.


Kemudian, penyelenggaraan kegiatan tersebut sebagai langkah Pemerintah Kota (Pemko) Batam memuliakan Nabi Muhammad SAW, serta meningkatkan ketakwaan jemaah kepada Allah SWT.


"Dalam peringatan kali ini, panitia mendatangkan KH Misbahul Munir Kholil atau Kiai Misbah," ujarnya.


Sementara itu, Kiai Misbah, langsung menjelaskan mengenai Isra yang merupakan perjalanan Nabi Muhammad dari Makkah menuju Palestina atau dari Masjid Haram menuju Masjid Aqsa dalam waktu yang super singkat. Kemudian perjalanan Nabi dari Masjid Aqsa menuju Sidratul Muntaha yang disebut Mikraj.


"Perjalanan ini ditempuh dalam sepertiga malam, sangat singkat. Dan ini adalah salah satu mukjizat yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW," ujar Kiai Misbah dalam ceramahnya.


Kiai Misbah menyampaikan, peristiwa Isra Mikraj, diriwayatkan bahwa Rasulullah bertemu dan berdialog dengan sejumlah para Nabi dan Rasul. Dalam peristiwa ini pula turun perintah pertama untuk mendirikan shalat.


"Nabi Muhammad ketika mendapat perintah salat diwajibkan 50 waktu dalam sehari semalam, Nabi Musa AS berpesan memohon kepada Rasulullah SAW agar meminta keringanan kepada Allah SWT, hingga tinggal 5 waktu," kata Kiai.


Dalam ceramahnya berdurasi 50 menit tersebut, Kiai Misbah juga mengajak semua jemaah yang menyaksikan langsung dan menyaksikan melalui daring, dapat membantu pemerintah pemerintah dalam menangani Covid-19.


"Tetap terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Ini merupakan ikhtiar dalam menangani Covid-19," katanya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *