KEPRI

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Gempa 6,7 Magnitudo Porak-Porandakan Kabupaten Malang dan Trenggalek Jawa Timur



MALANG - Gempa 6,7 M mengguncang Selatan Laut Jawa tepatnya di Malang, Sabtu (10/4/2021) sekitar 14.00 WIB. BPBD Kabupaten Malang mencatat dampak kerusakan gempa Malang siang tadi. Untuk sementara 10 kecamatan melaporkan adanya kerusakan.


"Sudah 10 kecamatan melaporkan adanya dampak kerusakan gempa bumi, kerusakan yang dimaksud adalah konstruksi bangunan," ujar Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan dilansir detikcom.

Sadono membeberkan sepuluh kecamatan tersebut adalah Poncokusumo, Wajak, Dampit, Turen, Sumbermanjing Wetan, Bantur, Donomulyo, serta Gondanglegi.

"Untuk berapa bangunan yang mengalami kerusakan masih dilakukan pendataan," bebernya.

Menurut Sadono, untuk jumlah wilayah terdampak gempa bumi diprediksi akan bertambah, karena gempa bumi dirasakan hampir di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Malang belum menerima adanya korban pasca gempa terjadi.

"Untuk sementara dilaporkan adanya dampak kerusakan saja," tuturnya.

Adanya dampak kerusakan gempa bumi di Malang banyak diunggah warga di media sosial, diantaranya kerusakan sebuah lembaga pendidikan di wilayah Turen, Kabupaten Malang, rumah warga yang ambruk hingga mengalami kerusakan seperti tembok retak di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, serta Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Malang, Ma'muri menambahkan, pihaknya masih berkoordinasi dengan BPBD untuk mencatat wilayah yang terdampak gempa bumi. Ma'muri menegaskan, adanya gempa susulan pasca gempa bumi 6.7 M terjadi. Gempa susulan tersebut berkekuatan 3.1 M yang terjadi sekitar pukul 14.52 WIB.

"Gempa susulan terjadi satu kali, pasca gempa 6.7 M, gempa terjadi pukul 14.52 dengan kekuatan 3.1 M. Kami masih berkoordinasi dengan BPBD untuk mencatat wilayah yang terdampak," kata Ma'muri.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *