EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

KBRI : Jenazah Almarhum Ketua Dewan Pers Hari Ini Dipulangkan ke Tanah Air dari Malaysia



MALAYSIA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur Malaysia memfasilitasi dan membantu pengurusan jenazah almarhum Prof. Azyumardi Azra. Direncanakan jenazah Ketua Dewan Pers tersebut akan dipulangkan ke tanah air, Senin, 19 September 2022.


Dalam rilis yang disampaikan pihak KBRI kepada jaringan media SMSI disebutkan jenazah almarhum Prof AA saat ini tengah dalam proses penyiapan untuk pemulangan ke Indonesia.

KBRI Kuala Lumpur memfasilitasi dan memberikan bantuan sejak awal dirawatnya Prof Azyumardi Azra pada unit CCU di Rumah Sakit Serdang, Selangor hingga proses pemulangan ke Indonesia. Saat ini KBRI Kuala Lumpur tengah mengurus kelengkapan dokumen yang diperlukan bagi pengiriman jenazah ke tanah air.

Sejak awal KBRI Kuala Lumpur juga telah melakukan komunikasi dengan pihak keluarga almarhum tentang perkembangan perawatan almarhum di rumah sakit Serdang.

Selain itu, KBRI juga memfasilitasi kedatangan isteri dan anak almarhum pada tanggal 17 September 2022 di Kuala Lumpur untuk menjenguk dan pendampingan pada saat perawatan hingga pada proses pemulangan jenazah. Perhatian dari Pemerintah Malaysia sangat tinggi dalam penanganan perawatan dan proses pemulangan jenazah almarhum ke Indonesia.

Kunjungan dari sejumlah tokoh Malaysia
diantaranya Anwar Ibrahim beserta isteri, Prof. Dr. Muhammad Nor Manuty anggota DUN/Parlemen Selangor, dan sejumlah Senator dan anggota Parlemen.

Para tokoh tersebut menyempatkan waktu khusus menjenguk jenazah almarhum dan menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam kepada pihak keluarga dan Duta Besar RI untuk Malaysia.

Duta Besar Hermono menyampaikan terima kasih atas perhatian dari sejumlah tokoh dan anggota legislatif yang hadir di rumah sakit Serdang, Selangor.

Meninggalnya Prof. Azyumardi mendapat perhatian luas masyarakat dan media Malaysia karena almarhum dikenal luas sebagai intelektual muslim terpandang serta memiliki banyak sahabat di Malaysia.

Duta Besar Hermono direncanakan akan mengantarkan jenazah mendampingi isteri dan putera almarhum Prof. Azyumardi Azra.

Hermono selaku Kepala Perwakilan RI mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian dan bantuan sejak dirawatnya hingga almarhum meninggal dunia, termasuk kepada Bapak Jusuf Kalla yang memfasilitasi pengiriman jenazah dan keluarga ke Jakarta.

Direncanakan almarhum akan diberangkatkan ke tanah air pada 19 September 2022). Namun belum dapat dipastikan waktunya, mengingat masih diperlukan beberapa dokumen sebagai persyaratan membawa jenazah ke luar negeri.






(Kuala Lumpur, 19 September 2022)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *