EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Rudi Ajak Alumni Unhas, Ini Tanah Nenek Moyang Ayo Kita Bangun Batam



BATAM - Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengajak alumni Universitas Hasanudin (Unhas) Makassar untuk bersinergi membangun Batam. Terlebih leluhur orang Bugis memiliki sejarah besar di tanah Kepulauan Riau.


Ajakan tersebut disampaikan Rudi saat memberikan sambutan pada Temu Alumni Unhas dalam rangka Musyawarah Wilayah (muswil) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas Provinsi Kepri periode 2022-2026. Kegiatan ini digelar di Hotel Best Western Panbil, Sabtu (17/9/2022) malam.


Sejumlah tokoh Kepri dan Batam hadir pada kegiatan tersebut. Diantaranya Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman, Anggota III Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam Sudirman Saad, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Prof Agung Damar Syakti, dan Managing Director Panbil Group Johanes Kennedy Aritonang. Sejumlah pimpinan perguruan tinggi di Batam juga tampak hadir.


Sementara dari pihak Unhas hadir Rektor Prof Jamaludin Jompa, Sekjen DPP IKA Unhas  Prof Yusran Jusuf, dan Wakil Rektor Prof Farida Patitinggi. Ratusan alumni Unhas di Kepri ikut meramaikan agenda temu alumni tersebut.


"Dalam sejarah Kepulauan Riau orang Melayu dan Bugis sudah menjadi satu. Kalau tadi dikatakan perantau, saya katakan anda-anda bukan perantau karena ini tanah nenek moyang anda. Untuk itu ayo kita bersinergi membangun daerah ini," ajak Walikota disambut tepukan gemuruh.


Lebih jauh Rudi mengapresiasi peran alumni Unhas di Batam. Menurutnya, Batam bahkan Indonesia secara umum masih rendah dalam hal etos kerja. Atas dasar itu dia mengharapkan alumni Unhas yang dikenal pekerja keras dapat berperan maksimal dengan BP dan Pemko untuk membangun Batam.


"Apalagi kita sedang mengembangkan pelabuhan Batuampar. Kalau bicara soal kapal, tentu kapal-kapal Bugis merupakan kapal terbaik di tanah air. Mari kita ramaikan pelabuhan ini dengan kapal-kapal buatan alumni Unhas," ungkap Wali Kota bersemangat.


Terlebih sebelumnya Ketua Panitia Asnawi ST mengungkapkan dari 400-an lebih alumni Unhas di Kepri, sebanyak 300-an adalah alumni Fakultas Teknik.


Dalam kegiatan itu, Rektor Unhas  Prof Jamaludin Jompa dan Wali Kota  Muhammad Rudi juga menandatangani nota kesepahaman atau memorandoum of understanding (MoU). Hal ini terkait kerjasama berbagai bidang antara Unhas dengan BP dan Pemko Batam.


"Terkait juga dengan MoU tadi, bahwa Unhas akan hadir di Batam. Kami memiliki program studi di luar kampus utama (PSDKU), yang dengan demikian kampus Unhas akan bisa hadir di Batam," ungkap Rektor disambut aplaus.


Bagi Unhas, kata Jompa, keberadaan alumni sangat penting karena kebesaran almamater tergantung pada kesuksesan dan peran alumni. Dia pun selalu mendoakan alumni Unhas dimanapun berada terutama di Kepri selalu sukses salam apapun bidang yang digeluti. Dia juga meminta agar kehadiran IKA Unhas menjadi perekat sesama alumni.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *